Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Khasiat Bunga Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan


Bunga mawar, siapa yang tidak kenal dengan bunga satu ini, pastinya setia orang mengetahui bunga yang cantik dan indah ini. Bunga yang bernama latin Rosa canina ini banyak digunakan sebagai lambang cinta, untuk mengungkapkan isi hati kepada pasangan. Bunga mawar terdiri dari berbagai jenis corak warna, ada yang merah, putih, merah muda, orange, kuning, dan masih banyak warna – warna yang lainnya.


Di negara tercinta kita ini Indonesia, bunga mawar sering digunakan sebagai bunga hias atau bunga tabur. Namun tidak hanya itu saja, bunga mawar ternyata sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik kecantikan. Selain itu dalam bidang kesehatan, bunga mawar juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar ramuan untuk mengobati beberapa macam penyakit, seperti kolesterol, penyakit jantung, diare. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat bunga mawar dan cara menggunakannya untuk kecantikan dan kesehatan. 

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan & Kesehatan

Bunga Mawar




  • Menghilangkan Jerawat


Air yang berasal dari bunga mawar merupakan bahan dasar pembersih wajah yang alami dan juga kaya dengan antioksidan serta dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Caranya, cucilah wajah Anda menggunakan campuran air hangat dengan bunga mawar.


  • Merawat Kulit


Air bunga mawar dapat menjaga keseimbangan pH kulit secara alami.  Air mawar bisa menyeimbangkan produksi sebum di kulit yang dapat dipakai bauk di kulit kering atau berminyak. Selain itu, air bunga mawar juga mampu memerangi penyakit kulit.


  • Kesehatan Rambut


Air mawar mempunyai manfaat menjaga kesehatan rambut karena adanya efek menyejukkan dan melembabkan kulit kepala secara alami. Caranya pun mudah dengan menuangkan air bunga mawar beberapa tetes saja saat keramas berbarengan dengan sampo, sehingga dapat membuat aroma yang wangi dan khas bunga mawar. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan ketombe dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala. 


  •  Menyehatkan Mata


Jika Anda sering mengalami mata lelah akibat kurang tidur atau banyak menghadap layar monitor, baik Smartphone atau PC dan Laptop saat sehingga mengakibatkan mata perih, panas dan timbul lingkaran gelap di sekitar mata atau mata panda. Semua itu dapat Anda atasi dengan menggunakan air mawar yang diteteskan ke mata sebanyak 2 sampai 3 tetes, lalu pejamkan agar dapat membersihkan mata Anda dan lakukanlah secara rutin agar mata Anda menjadi selalu sehat. 


  •  Mengobati Bengkak Di Kaki 


Cara mengobati bengkak di kaki dengan mengambil bunga mawar 3 tangkai dan daun sembung 30 gram, lalu cuci hingga bersih. Kemudian, kedua bahan tadi direbus dengan 600 ml air sampai mendidih. Saring dan minum dua kali per hari selagi hangat. 



Nah, demikianlah tadi manfaat dari si cantik bunga mawar bagi kecantikan dan kesehatan. Jadi, tidak hanya bunganya yang cantik dan biasa digunakan sebagai tanaman hias, ternyata  bunga mawar memiliki manfaat di bidang kecantikan dan kesehatan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D