Cara Tetap Fit saat Berolahraga di Bulan Puasa

Ada beberapa poin penting agar tetap fit ketika melakukan olahraga ketika menjalankan ibadah puasa karena puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan terutama malas untuk berolahraga. Agar tetap fit saat berolahraga di bulan puasa panduan program fitness atau latihan harus disusun dalam bentuk tahapan-tahapan untuk memahami kunci yang menentukan keberhasilan tanpa menganggu ibadah puasa.

Tetap fit berolahraga di bulan puasa
Sebaiknya, buang semua asumsi ketakutan bahwa olahraga selama berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lemas. Agar tetap fit saat berolahraga di bulan puasa ada beberapa cara yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Pola makan

Meskipun sedang berpuasa, tetap aturlah pola makan dengan baik untuk menjaga metabolisme tubuh dengan baik yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

2.    Pola latihan

Selain mengatur pola makan, mengatur pola latihan juga harus diperhatikan untuk membuang kelebihan lemak sekaligus dapat menjaga massa otot agar tubuh tetap fit dan bugar selama menjalankan berpuasa seharian. Usahakan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat dengan intensitas yang berat pula.

3.    Pola istirahat

Berikan waktu yang cukup agar tubuh dapat beristirahat baik dari segi kualitas dan kuantitasnya. Selain dapat menghemat tenaga, hal ini berguna agar tubuh dapat melakukan perbaikan, pemeliharaan dan pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh.

4.    Pola suplementasi

Cara yang terakhir adalah perhatikan suplemen yang akan dikonsumsi, sebaiknya pilih suplemen yang tidak mengandung efek samping bagi kesehatan tubuh.

Beberapa cara ini berguna untuk mempermudah dan menjaga tubuh tetap fit saat berolahraga meskipun dalam keadaan tubuh yang sedang berpuasa karena puasa bukanlah alasan utama untuk bermalas-malasan. (Baca juga: Agar Tidak Cepat Haus dan Mengantuk Selama Berpuasa)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D