Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Pada Bayi


Jerawat pada bayi atau yang disebut dengan baby care merupakan jerawat yang tumbuh pada kulit bayi yang baru lahir. Biasanya jerawat ini tumbuh pada bagian wajah bayi terutama pada bagian hidung, dahi, dan pipi. Namun, jerawat ini bersifat normal dan sementara.

penyebab jerawat pada bayi

Biasanya, munculnya jerawat pada bayi ditandai dengan adanya benjolan merah pada bagian dahi, hidung dan pipi bayi. Jerawat ini sering muncul dalam dua atau empat minggu setelah dilahirkan dan akan semakin terlihat jelas ketika bayi sedang rewel atau menangis.

Meskipun belum diketahui secara jelas mengenai penyebabnya, tetapi para ahli sering mengaitkan bahwa penyebab kemunculan jerawat pada bayi berkaitan dengan hormon yang diterima bayi dari ibu pada masa akhir kehamilannya.

Karena dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan, maka tidak ada pengobatan medis yang dianjurkan. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, konsultasikan dengan dokter untuk direkomendasikan semacam krim atau perawatan lain untuk mengatasi jerawat pada bayi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mempercepat hilangnya jerawat pada bayi.
  • Selalu menjaga kebersihan wajah bayi, dengan cara membasuh wajahnya dengan air hangat setiap hari. Untuk bayi yang berjerawat, gunakan pelembab ringan khusus bayi (rekomendasi dokter) beberapa kali seminggu kemudian bilas dengan air hangat.
  • Keringkan wajah bayi dengan lembut. Jangan pernah mencubit atau menggosok jerawat bayi Anda karena akan menyebabkan iritasi atau infeksi.
  • Hindari penggunaan lotion atau minyak pada kulit wajah bayi.
Mengingat kulit bayi yang masih sensitif, sebaiknya jangan gunakan krim atau foral untuk dioleskan pada kulit bayi tanpa anjuran dari dokter. (Baca Juga: Penyebab Cegukan pada Bayi dan Cara Mengatasi)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D