Cara Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan secara Alami

Melahirkan adalah suatu kodrat dan kewajiban bagi setiap kaum hawa. Pada saat hamil, akan mengubah bentuk perut dan pinggul menjadi lebih besar dari sebelumnya. Pasca melahirkan tentunya bentuk tubuh wanita akan menjadi ramping, dan ada pula beberapa wanita yang menjadi gemuk setelah melahirkan. Bagi wanita yang mementingkan penampilan kondisi seperti ini sering menjadi keluhan mereka. Namun, hal ini bisa diatasi dengan melakukan cara sebagai berikut supaya perut menjadi kencang dan ramping kembali.

Cara mengencangkan perut setelah melahirkan secara alami
Image Source: pixabay.com
Berikut ini caranya :

1. Memberikan ASI Eksklusif

Memberikan ASI eksklusif merupakan hal yang sangat disarankan bagi para ibu. Karena pemberian ASI eksklusif mampu mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan untuk bayi. Selain itu, ibu yang menyusui setiap harinya mampu mengurangi 5000 kalori di dalam tubuh.

2. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih berfungsi untuk membersihkan organ-organ di dalam tubuh, khususnya organ pencernaan. Proses hidrasi tersebut juga sangat penting, karena dapat membantu proses pencernaan dan membantu untuk melangsingkan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi banyak air dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Melakukan Pola Hidup Sehat

Membiasakan pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan perut yang kencang setelah melahirkan. Konsumsilah makanan yang rendah lemak dan kalori, tetapi bukan berarti membatasinya secara drastis kerena bayi membutuhkan ASI ibunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pertumbuhannya. Melakukan pola hidup sehat dimulai dari memilih makanan sehat yang akan dikonsumsi.

4. Olahraga Ringan

Membiasakan melakukan olahraga ringan secara teratur seperti senam, berjalan kaki, dan yoga dianalisis dapat membantu mengencangkan kembali otot-otot yang sudah kendur.

5. Latihan Otot Perut

Melakukan latihan otot perut bisa dilakukan dengan cara menarik perut ke bagian dalam dengan mengkontraksikan otot perut kemudian tahan selama beberapa menit. Latihan tersebut bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, bahkan berbaring. Selain itu, latihan otot juga bisa dilakukan menggunakan shounder lift. Latihan ini dilakukan dengan menggunakan matras sebagai tumpuan badan, caranya adalah berbaring terlentang di atas matras dengan lutut tertekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian, hembuskan nafas dengan mengkontraksikan otot perut, angkat pundak dan kepala, tahan selama beberapa detik lalu kembali turunkan secara berlahan.

Sebelum melakukan tindakan mengecilkan perut sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan keadaan tubuh setelah melahirkan karena dikhawatirkan tubuh tidak diperbolehkan melakukan berbagai gerakan olahraga. (Baca Juga: Tips Mengatasi Mual Berlebihan saat Hamil )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D