Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Bandeng adalah ikan yang berasal dari Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Bandeng merupakan jenis ikan yang hidup berkelompok. Bandeng muda pada umumnya akan hidup di laut lepas selama 2 hingga 3 minggu yang kemudian akan pindah pada perairan air tawar seperti rawa-rawa. Setelah sudah siap untuk bereproduksi dan mulai berkembang biak, ikan bandeng akan kembali ke laut untuk mengeluarkan telurnya.
kandungan gizi ikan bandeng 
Ikan bandeng merupakan ikan yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bandeng mempunyai rasa gurih dan lezat. Bandeng bisa diolah menjadi berbagai macam olahan kuliner yang nikmat seperti bandeng asap, otak-otak bandeng, dan bandeng presto. Ikan bandeng juga memiliki kandungan gizi seperti kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan salmon. Berikut ini juga akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kandungan gizi ikan bandeng.

1. Kandungan Omega 3

Bandeng memiliki kandungan asam omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah serta dapat menurunkan terjadinya gejala arthritis.

2. Kandungan Vitamin

Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam ikan bandeng merupakan jenis vitamin mudah larut. Kandungan vitamin tersebut berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, memperlancar sistem metabolisme, menjaga kesehatan sistem syaraf, DNA, hormon serta berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Bandeng juga mempunyai kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A, C, E dan K dalam jumlah sedikit.

3. Kandungan Mineral

Bandeng memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, selenium, kalium, seng dan zat besi. Kandungan mineral tersebut berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan fosfornya berperan untuk proses integral oksidasi sel darah merah.

4. Kandungan Makronutrisi

Ikan bandeng juga memiliki kandungan makronutrisi seperti protein, kalori, kolesterol, sodium dan lemak. Di dalam 3 ons ikan bandeng yang sudah dimasak kering terdapat 22,4 g protein, 162 kalori, 57 mg kolesterol, 78 mg sodium, 7,3 g lemak tak jenuh dan 2,9 g lemak jenuh.

Mengingat bahwa bandeng memiliki kandungan lemak jenuh dan kandungan kolesterol, hal itu yang mengharuskan agar mengkonsumsi ikan bandeng secara bijaksana. Selain itu, jika ingin mendapatkan kandungan gizi dan manfaat ikan bandeng harus melalui proses penyimpanan dan pengolahan yang benar. Sangat dianjurkan untuk menyimpan ikan bandeng di dalam lemari es serta memasaknya menggunakan sedikit minyak goreng supaya kandungan gizi di dalamnya tidak hilang. (Baca Juga: Manfaat Konsumsi Ikan Nila )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D