Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Sistem Imun Anak

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, sistem ini terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. 

Sistem kekebalan tubuh juga memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti infeksi kuman, bakteri dan virus dengan melibatkan sel dan organ di dalam tubuh, apabila sistem ini melemah maka perlindungan yang dihasilkan menjadi lemah sehingga kuman, virus maupun bakteri dapat masuk dan berkembang. 
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Sistem Imun Anak
Image Source: pixabay.com

Kondisi ini sering dialami oleh anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit, meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

1. Memberikan Asi Eksklusif

Pemberian ASI pada anak yang berusia 0-6 bulan berguna untuk meningkatkan daya tubuh serta dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan pernapasan.  

2. Bermain di Lingkungan

Para orang tua sering merasa khawatir apabila anak mereka bermain pada lingkungan yang kotor, padahal bermain pada lingkungan yang seperti itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar dapat berkembang sepenuhnya. 

3. Banyak Tertawa

Melakukan kebiasaan yang dapat membuat anak tertawa merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan produksi sel yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan membunuh kuman penyebab flu dan pilek.

4. Beristirahat Dengan Cukup

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup karena porsi tidur anak sehat dengan usia 3-12 tahun mencapai 10 jam setiap harinya.

5. Kurangi Memberikan Antibiotik

Pemberian anti biotik yang terlalu sering kepada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara dapat merusak silia rambut di dalam hidung yang berperan sebagai penangkal masuknya benda asing ke dalam tubuh sehingga jauhkan anak dari polusi udara seperti asap pembakaran, asap rokok dan polusi akibat beberapa bahan kimia lainnya.

7. Berikan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Memberikan asupan makanan yang berguna untuk meningkatkan imunitas merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, makanan tersebut di antaranya adalah susu kedelai, ikan, telur, madu, sayuran dan buah-buahan.

Cara ini dapat diterapkan dengan mudah dengan tetap memperhatikan dan memantau tumbuh kembang dan kebiasaan anak setiap harinya. (Baca Juga: Kiat Mendidik Anak yang Cerdas, Sehat dan Berani sejak Dini)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D