Khasiat Minum Jus Jeruk untuk Kesehatan

Khasiat Minum Jus Jeruk
Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di semua kalangan masyarakat, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Buah ini mempunyai rasa yang nikmat dan menyegarkan. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat dikonsumsi sebagai jus segar. Jika dikonsumsi dalam bentuk jus (olahan cair) nutrisi di dalamnya akan lebih mudah terserap dengan cepat di aliran darah sehingga tidak memerlukan proses pencernaan untuk mendapatkan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi


Di dalam jus jeruk segar terdapat kandungan gizi sebagai berikut. Perhatikan gambar dibawah!


Kandungan Nutrisi Jus Jeruk



Setelah mengetahui kandungan gizi di dalamnya, pada kesempatan kali ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat jus jeruk bagi kesehatan tubuh. Mari simak informasinya!


Manfaat Konsumsi Jus Jeruk untuk Mengatasi Penyakit


1. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan magnesium di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membawa kembali tingkat tekanan darah yang mengalami gangguan berada pada kisaran normal. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Sumber vitamin C yang terdapat di dalam jus jeruk bekerja untuk membentuk sistem pertahanan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berperan untuk melawan beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi, seperti penyakit flu. 

3. Mempercepat Proses Penyembuhan 
Kandungan flavonoid yang terdiri dari hesperidin dan naringenin mempunyai sifat anti-inflamasi yang bekerja secara efektif untuk mengobati arthritis, menyembuhkan nyeri dan kekakuan.

4. Mencegah Kanker 
Buah jeruk mempunyai berbagai kandungan gizi yang dikenal sebagai D-limonene yang berfungsi efisien untuk mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker mulut. 

5.  Mencegah Batu Ginjal 
Kandungan sitrat berfungsi untuk mencegah gangguan ginjal dengan menurunkan tingkat keasaman urine. Selain itu, kandungan sitrat juga berperan untuk mengurangi konsentrasi bahan kimia dan mineral yang dapat memicu adanya perkembangan batu ginjal. 

6. Membantu dalam penurunan berat badan 
Serat larut dan antioksidan di dalam jus jeruk dapat membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman diet sehat. 

7. Mengurangi Resiko Serangan Jantung 
Zat nabati berupa hesperidin memiliki kemampuan untuk melindungi arteri dari sumbatan dengan cara meningkatkan kesehatan sel-sel yang berada di dekatnya. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung. 

8. Mengobati Anemia 
Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel-sel darah merah karena tubuh kekurangan asupan zat besi. Kandungan vitamin C di dalam jus jeruk dapat mempromosikan terjadinya penyerapan zat besi di dalam aliran darah.

Manfaat jus jeruk bisa didapatkan secara maksimal apabila tetap mengkonsumsinya secara bijaksana. Penting juga untuk membuat jus jeruk dengan buah jeruk berkualitas baik dan segar. Baca juga yang ini: Khasiat Makan Buah Jeruk Tanpa di Jus
Advertisement

Artikel Lainnya :-D