Manfaat & Fungsi Akar Bunga Anggrek untuk Kesehatan

Fungsi Akar Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan tanaman yang sangat indah dan sangat cocok sekali untuk dijadikan tanaman hias.  Bunga yang bernama latin Orchidaceae  ini merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah dengan iklim tropik dan ada pula yang tumbuh didaerah yang beriklim sedang. Namun, karena kondisi iklim dan cuaca yang dingin membuat tanaman anggrek mulai beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga akarnya dapat membentuk sebuah umbi yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan.


Khasiat Umbi Bunga Anggrek bagi Kesehatan Tubuh dan Mengobati Penyakit

Umbi bunga anggrek memiliki kandungan pati, resin, protein, dekstrin, sukrosa, minyak atsiri, kalsium, dan prozenat. Kandungan tersebut berguna untuk kesehatan tubuh dan sudah banyak dimanfaatkan untuk diambil sari patinya. Nah, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari umbi bunga anggrek bagi kesehatan, simak ulasan berikut ini.


Fungsi Akar Bunga Anggrek


  • Menghentikan Pendarahan Pada Rahim
Untuk menggunakan umbi anggrek sebagai obat menghentikan pendarahan pada rahim, pertama – tama ambil sari pati umbi anggrek sebanyak satu sendok teh. Kemudian, rebus bersama satu gelas air dan tambahkan gula hingga mendidih. Angkat dan tuang ke dalam gelas dan setelah dingin minum ramuan tersebut.

  • Mengobati Disentri dan Sebagai Tonik
Di Negara Inggris, bunga anggrek digunakan  untuk mengobati disentri, tuberkulosis dan mempercepat pemulihan. Selain itu, bunga anggrek memiliki manfaat sebagai tonik atau anti diare, terutama bagi anak – anak yang rentan terserang diare.

  • Menguatkan Tulang
Sari pati dari umbi bunga anggrek memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga dapat menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan sistem imun dan terhindar dari penyakit menular. Sari pati umbi anggrek yang ditambah gula, madu dan susu atau non gula dapat diberikan pada anak – anak atau bisa juga mencampur susu formula dengan sari pati umbi bunga anggrek.

Demikian tadi, manfaat umbi anggrek bagi kesehatan. Jadi, bunga yang nan cantik warnanya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan dari umbinya. Umbi bunga anggrek yang dijadikan bubuk merupakan pengolahan yang sangat efektif dan praktis serta mudah untuk dibuat di rumah. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D