Cara Mengobati Gigi Ngilu secara Alami

Cara Mengobati Gigi Ngilu

Gigi ngilu atau gigi sensitif adalah kondisi dimana saraf-saraf gigi mengalami ketenggangan saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin. Hampir sebagian orang menderita gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan salah satu masalah kecil yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Masalah gigi sensitif  ditandai dengan adanya rasa ngilu pada gigi yang terjadi secara tiba-tiba pada saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin, serta rasa ngilu yang ada pada saat menggosok gigi. 


Tips Menyembuhkan Gigi Sensitif secara Tradisional

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengobati gigi sensitif secara alami.

  • Menjaga Kebersihan Gigi
Cara mengobati gigi ngilu secara alami

Image Source: pixabay.com
Gigi yang tidak dirawat dengan baik merupakan salah satu faktor penyebab gigi sensitif.  Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan tetapi sangat sering diabaikan karena orang cenderung lebih malas menjaga kebersihan gigi.

  • Pakailah Sikat Gigi yang Lembut
Pemakaian sikat gigi yang kaku dan keras akan menyebabkan terjadinya pengikisan gigi karena akan merusak email gigi. Sangat dianjurkan untuk memakai sikat gigi yang lembut, untuk melembutkan sikat gigi sebaiknya merendamnya ke dalam air panas. Selain membuat sikat gigi menjadi lembut, cara tersebut juga bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di dalam sikat gigi.

  • Gunakan Pasta Gigi Sensitif
Gunakan pasta gigi yang memang dirancang untuk penderita gigi sensitif. Di dalam pasta gigi sensitif terdapat kandungan formula khusus yang berfungsi menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi ngilu.

  • Memakai Produk Berbahan Fluoride
Kerusakan email gigi dapat memicu terjadinya gigi sensitif. Oleh karena itu pilihlah produk pasta gigi dan obat kumur yang mengandung bahan fluoride. Fluoride merupakan bahan yang berfungsi untuk memperkuat email gigi.

  • Menghindari kebiasaan menggosok gigi yang terlalu kencang
Menggosok gigi yang terlalu kencang akan menyebabkan terjadinya kerusakan email gigi, dan akibatnya gigi semakin tipis hingga akar gigi mudah terlihat. Kondisi itulah yang dapat memperparah gigi sensitif.

  • Menggosok gigi secara teratur
Sering melewatkan dan melupakan kebiasaan menggosok gigi akan meningkatkan kadar asam di dalam mulut. Hal tersebut akan menimbulkan plak gigi dan menjadi salah satu faktor penyebab gigi sensitif.

  • Gunakan pembersih mulut
Pengunaan pembersih mulut atau obat kumur berfungsi untuk menghilangkan kuman dan menghancurkan karang gigi. Di dalam obat kumur terdapat kandungan zat aktif yang berperan untuk membersihkan mulut dari kuman, kotoran serta dapat menghancurkan karang gigi.

  • Tidak makan permen karet
Sering mengunyah permen karet akan berdampak pada penipisan dinding gigi karena akan mengikis kekuatan gigi.

  • Menghindari mengonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas dan dingin
Menghindari makanan/minuman yang terlalu panas dan terlalu dingin merupakan cara efektif untuk mencegah gigi ngilu.

  • Berkumur setelah mengonsumsi makanan/minuman asam
Berkumurlah setelah mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki rasa asam karena kandungan asam yang berlebih dapat merusak email gigi.


Cara tersebut mudah dilakukan untuk mendapatkan gigi yang sehat. Cara-cara mengobati gigi sensitif secara alami juga harus diimbangi dengan memeriksaakan kesehatan gigi secara berkala.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D