Khasiat Jus Pare untuk ASI Ibu Menyusui & Obat Kanker

Khasiat Jus Pare


Pare merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat pada umumnya. Umumnya banyak diolah sebagai menu makanan rumahan yang nikmat. Selain itu juga sudah digunakan sebagai campuran saat membeli siomay bandung. Sebagian orang tidak menyukai sayuan ini karena rasanya yang sangat pahit, akan tetapi jika mengetahui cara mengolahnya dengan benar pare tidak akan terasa begitu pahit, bahkan rasa pahitnya pun bisa hilang. Tetapi kebanyakan para chef saat memasak tidak menghilangkan rasa pahit pada pare, karena hanya cenderung mengurangi tingkat kepahitannya saja. Hal itu disebabkan karena rasa pahit yang dimiliki menjadi ciri khas sayuran ini.

Khasiat Jus ParePare mempunyai warna hijau, dan berbentuk melonjong seperti mentimun. Ciri lainnya adalah mempunyai bentuk permukaan kulit yang bergerigi. Baru-baru ini pare telah dikenal sebagai salah satu sayuran yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Faktanya memang bermanfaat untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes.

Sebelumnya pasti pembaca sudah banyak yang mengetahui bahwa jika diolah dengan benar, pare bisa menjadi makanan yang nikmat, seperti tumis pare dan dijadikan salah satu komponen siomay. Kemudian, apakah pare bisa dikonsumsi sebagai minuman? Jawabanya iya, karena juga disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk jus. Selain mudah dicerna oleh tubuh karena tekturnya yang sudah halus, jus pare ini menyimpan hasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaatnya!

Manfat Minum Jus Pare bagi Ibu Menyusui & Mengobati Kanker


1. Mencegah dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Para ahli telah melakukan berbagai analisa dan riset yang menunjukkan bahwa jus pare bermanfaat untuk mencegah serta menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker pankreas. Kanker pankreas biasanya terjadi karena diawali dengan adanya penyakit diabetes. Hal itu dikarenakan jus ini mampu merangsang pankreas untuk menghasilkan lebih banyak hormon insulin. Hormon insulin yang dihasilkan berperan untuk menetralkan gula darah, dengan kondisi seperti itu tentunya dapat mencegah penyakit kanker dan diabetes.

2. Bermanfaat untuk Ibu yang Sedang Menyusui

Mengonsumsi jus pare juga bisa dianjurkan untuk ibu-ibu yang sedang memberikan ASI esklusif kepada buah hatinya, karena jus ini diyakini mampu mengontrol kadar gula pada ibu yang sedang menyusui. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jus pare atau mengonsumsi pare dalam bentuk apapun tidak dianjurkan untuk  wanita yang sedang hamil karena dikhwatirkan dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh secara drastis yang akan memberikan dampak buruk pada janin. Selain itu, mengonsumsi sayuran ini juga tidak dianjurkan untuk anak balita, karena tubuh balita begitu rentan dan belum stabil.

Membuat Jus pare tidak sulit, sama seperti membuat jus pada umumnya. Bila tak betah rasanya yang pahit, bisa juga untuk ditambahkan madu, gula, susu dan boleh juga mencampurkannya dengan buah lainnya. Pare merupakan sayuran yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi juga khususnya bagi penderita penyakit diabetes, tapi sebaiknya selalu konsultasikan hal ini kepada para ahlinya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D