Kandungan & Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang belum mengetahui tentang buah aprikot. Buah ini mempunyai nama latin Plum Armenia, yang digolongkan dalam salah satu spesies dari subgenus Prem. Namun, tanaman ini belum dapat dipastikan dari mana asalnya walaupun telah ada pendapat yang menyatakan bahwa tanaman ini sudah dibudidayakan sejak jaman prasejarah. Tanaman jenis ini banyak dijumpai di Asia Tengah, yaitu di wilayah Cina, Jepang dan Korea. 

Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara memakannya secara langsung dan dapat dikeringkan terlebih dahulu, buah ini juga dapat diolah menjadi jelly, selai dan jus. Selain enak untuk dikonsumsi, buah aprikot ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, serat, protein, karbohidrat, lemak, gula, energi dan zat besi. 

Khasiat Buah Aprikot bagi Tubuh


1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan yang dimiliki terdiri dari vitamin C dan likopen sehingga sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan dapat mencegah penyakit jantung. 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Sumber serat tinggi di dalamnya berperan untuk melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan organ pencernaan serta dapat mencegah terjadinya sembelit.
Kandungan gizi dan manfaat Aprikot bagi kesehatan tubuh

3. Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A dan betakaroten di dalamnya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata terutama kontribusi dalam mencegah terjadinya degenerasi makula. 

4. Mengobati Anemia
Kandungan mineral yang terdiri dari zat besi dan tembaga memiliki kemampuan untuk membantu merangsang produksi sel-sel darah merah dan hemoglobin sehingga dapat mengobati dan mengatasi anemia. 

5. Baik Untuk Mengobati Demam
Kandungan vitamin, mineral, air dan kalori berguna untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Hal tersebut bermanfaat untuk mengobati tubuh yang sedang demam. 

6. Menyehatkan Kulit
Buah ini mempunyai kandungan minyak yang berperan untuk menyehatkan kulit serta dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal alergi, kudis, dan jerawat.

Buah aprikot memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, buah ini mempunyai dampak yang merugikan jika dikonsumsi dengan bijinya karena biji buah ini memiliki kandungan unsur kimia yang membuat tubuh menjadi tidak seimbang sehingga sangat membahayakan. Untuk itu, berhati-hatilah ketika mengkonsumsinya secara langsung jangan sampai biji buahnya tertelan. Dan sebaiknya Anda baca juga artikel ini: Khasiat Buah Tin
Advertisement

Artikel Lainnya :-D