Kandungan Gizi Kacang Tanah Goreng / Rebus / Sangrai

Kandungan Gizi Kacang Tanah


Kacang tanah merupakan tanaman yang digolongkan dalam kelas polong-polongan. Kacang tanah mempunyai nama latin Arachis Hypogaea Legum dan merupakan tanaman yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Kacang tanah mempunyai kaitan yang erat dengan mitos berjerawat, mitos terebut mengatakan jika mengonsumsinya akan menimbulkan banyak jerawat.

Kandungan Gizi Kacang TanahSebuah penelitian yang dilakukan oleh Academy of Dermatology menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kacang tanah tidak ada hubungannya dengan timbulnya jerawat. Penelitian tersebut juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan kadar gula adalah pemicu tumbuhnya jerawat. 

Selain digunakan sebagai komponen untuk membuat aneka kue, kacang tanah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, B kompleks, E, K, zat besi, fosfor, kolin, kalsium, letsitin, dan kolin. Selain itu juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan protein pada daging dan telur. 

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh


Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan nutrisi kacang tanah beserta manfaatnya.

1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kacang tanah mempunyai kandungan antioksidan, asam oleat dan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut berfungsi untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung dan kardiovaskular.

2. Mencegah dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Fitoserol yang terkandung di dalam kacang tanah berfungsi untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker  di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang mempunyai nutrisi untuk otak (makanan otak) karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin B3 atau yang sering disebut dengan niacin. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan menyehatkan otak.

4. Membantu Penyerapan Gula Darah

Di dalam seperempat cangkir kacang tanah terdapat kandungan 35% asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti, mangan dan mineral yang berperan untuk proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan kalsium serta membantu penyerapan atau proses regulasi gula darah.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Mengonsumsi kacang dengan porsi yang bijaksana dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, dengan cara mengurangi kolestrol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Kacang tanah memang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi bagi orang yang menderita penyakit kanker usus dan asam urat harus mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D