Gejala & Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Gejala Badan yang Kekurangan Vitamin

Vitamin merupakan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sesuai. Vitamin mempunyai banyak sekali jenis dan setiap jenisnya mempunyai fungsi dan peranan masing-masing untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah vitamin, A, B Komplek, C, D, E dan vitamin K. Vitamin banyak ditemukan dalam kandungan sayuran dan buah-buahan.

Tetapi apa jadinya jika tubuh kekurangan vitamin? Tentunya akan menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan bagi tubuh.

Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin

Pada kesempatan kali ini akan mengulas mengenai tanda-tanda tubuh yang kekurangan vitamin.

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin


1.      Sering Mengalami Kram Otot

Gejala Otot yang mudah kram merupakan gejala akibat kekurangan vitamin B5. Selain itu kekurangan vitamin B5 dapat menimbulkan gejala lain seperti kulit pecah-pecah, dan sulit tidur. Untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 seperti mengonsumsi susu, daging, kacang hijau dan sayuran.

2.      Sering Anemia

Gejala kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan rasa lesu, capek, letih dan lemah akibat mengalami anemia atau kekurangan darah. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 yang terdapat pada telur, hati dan daging.

3.      Kejang Otot

Kejang Otot diakibatkan karena pertumbuhan tulang yang tidak normal. Hal tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Cara mencegahnya tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D yang terkandung dalam keju, susu, telur dan minyak ikan.

4.      Gangguan Pada Saraf

Gangguan pada saraf dan otot penyebab terjadinya kemandulan merupakan gejala akibat kekurangan vitamin E. Tentu saja hal ini dapat dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti yang terdapat pada ayam, kuning telur, ikan, kecambah dan minyak nabati.

5.      Munculnya Sariawan

Untuk masalah ini pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa munculnya sariawan diakibatkan karena kekurangan vitamin C dan vitamin B2. Cara pencegahannya cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B2 seperti yang terdapat pada buah dan sayur segar, kacang-kacangan, susu serta kuning telur.

6.      Gangguan Kesehatan

Mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernafasan, rabun senja, katarak, menurunnya daya tahan tubuh serta kulit yang tidak sehat. Semua itu merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan vitamin A. Untuk mencegahnya cukup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang terdapat dalam buah-buahan warna merah, sayuran yang berwarna kuning dan hijau, susu dan ikan.


Terkadang kita menyepelekan hal-hal yang harusnya penting untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan asupan vitamin di dalam tubuh. Untuk itu sangat di anjurkan untuk memenuhi asupan tersebut dengan makan makanan yang bergizi.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D