Ciri-ciri Osteoporosis Dini pada Wanita & Pria

Ciri-ciri Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang selalu dikaitkan dengan orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia), meskipun ada pula yang masih muda. Osteoporosis adalah penyakit yang disebut dengan pengeroposan tulang. Osteoporosis merupakan salah satu gangguan tulang yang banyak dialami oleh wanita karena disebabkan kurangnya hormon esterogen (hormon yang terdapat di dalam tubuh wanita).  Namun, ada juga pria yang mengalami gangguan tulang ini meskipun jumlahnya masih relatif kecil.

Osteoporosis bukanlah penyakit yang hanya mengurangi kepadatan tulang, karena penyakit osteoporosis ini juga dapat menurunkan jumlah jaringan tulang serta dapat mengubah bentuk struktur tulang. Berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri penyakit osteoporosis :


Ciri-ciri / Gejala Penyakit Pengeroposan Tulang pada Wanita & Pria



1. Berkurangnya Tinggi Badan

Penderita Osteoporosis akan mengalami pengurangan tinggi badan. Hal itu disebabkan karena semakin hari bantal antar ruas tulang belakang mengalami penekanan akibat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Perubahan Struktur Bentuk Tubuh
Ciri ciri osteoporosis
Ciri-ciri selanjutnya adalah penderita osteoporosis akan mengalami perubahan struktur bentuk tubuh karena adanya kerusakan beberapa ruas tulang belakang di bagian dada dan pinggang. Tubuh akan berubah semakin membungkuk kondisi ini dinamakan dengan kiposis.

3. Fragile Fracture 

Terjadinya kerapuhan pada tulang dan patah tulang disebut dengan fragile fracture. Penderita osteoporosis akan mengalami patah tulang meskipun hanya melakukan aktivitas yang ringan karena tulang-tulang yang dimiliki sudah dalam keadaan rapuh. Saat terjadinya fragile fracture, penderita akan merasakan nyeri tulang yang sangat parah.

4. Mengalami Nyeri Secara Tiba-Tiba

Penderita osteoporosis akan mengalami nyeri pada sekitar punggung secara tiba-tiba pada saat bangun dari duduk yang lama, berdiri, dan berjalan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya tulang yang mengalami kolaps.

5. Patah Tulang Tungkai

Tulang manusia mempunyai dua lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan luar merupakan lapisan yang mempunyai tekstur keras sedangnkan pada bagian lapisan dalam memiliki lapisan yang lunak seperti spons. Penderita osteoporosis akan memiliki lapisan luar tulang yang tipis, hal itu akan menyebabkan lapisan jaringan spons akan melebar sehingga akan membuat tulang menjadi mudah retak.


Untuk menghindari penyakit osteoporosis, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tulang dengan cara mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium. Selain itu cara memenuhi kebutuhan kalsium juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Mulailah menjaga dan memperhatikan kesehatan dari sekarang, karena kesehatan merupakan aset berharga untuk masa depan. Semoga artikel mengenai ciri-ciri penyakit osteoporosis ini bermanfaat untuk Anda!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D