-->

Bersama-sama Bergantian Sabun Batang Berbahaya atau Tidak?

Kesehatanpedia - Ada diantara kita yang mungkin menggunakan sabun batangan bersama-sama atau bergantian dengan anggota keluarga di rumah. Atau bahkan menemui sabun batangan yang ada di toilet umum. Ada hal yang mungkin kita cukup sadari adalah mengenai penggunaannya. Beberapa orang lebih suka membeli sabun cair ataupun membeli batangan untuk pemakaian sendiri-sendiri atau ragu menggunakan sabun di toilet umum atau tidak dikarenakan khawatir akan hal-hal tertentu seperti penularan penyakit dan sejenisnya. Nah, kali ini apakah hal semacam ini benar dapat menularkan virus atau bakteri, ketika sabun digunakan secara bersama-sama?

Ada suatu penilitian yang cukup lama yakni pada tahun 1965, bersumber dari laman New York Times, disebutkan bahwa penggunaan sabun batangan secara bergantian tak dapat memicu penularan penyakit. Waktu itu peneliti melakukan berbagai eksperimen dengan cara mengkontaminasi tangannya sendiri dengan beberapa jenis virus dan bakteri sebelum mencuci tangannya dengan sebuah sabun. Kemudian, dilanjutkan dengan mencuci tangan lagi menggunakan sabun dengan tangan peneliti yang lain. Setelah diperiksa, ternyata tidak ditemukan bakteri maupun virus dari peneliti kedua yang ditularkan dari peneliti pertama.

Selain itu, penelitian lain pun beberapa kali dilakukan dan hasilnya ditemukan bahwa kondisi sabun tetap aman dan steril meskipun sudah terkontaminasi secara ekstrim sekalipun. Tetapi memang ada beberapa penelitian lain yang menemukan adanya virus atau bakteri pada sabun batangan yang kerap dipakai bersama. Namun, dianggap penelitian tersebut masih tidak dapat memberikan bukti kuat terkait pengaruh sabun sebagai sumber infeksi dan bakteri.

Demikianlah informasi hasil dari beberapa penelitian tersebut. Entah anda masih yakin bahwa sabun batangan jika digunakan bergantian itu tetap aman atau tidak, itu tergantung keputusan anda. Anda pun bisa berdiskusi lebih lanjut pada pakar atau dokter untuk informasi lebih lanjut atau sekedar menanyakan baiknya gimana. Yang pasti, cuci tangan adalah salah satu kebiasaan penting yang dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kita serta kesehatan keluarga kita. Memilih produk sabun yang tepat juga disarankan untuk selalu diperhatikan, ini demi kecocokan dan kualitas sabunnya terhadap pemakaian pada kulit kita masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel