Kegunaan Asam Mefenamat 500 Mg untuk Sakit Gigi

Kegunaan Asam Mefenamat 500 Mg untuk Sakit Gigi – Salah satu keluhan yang sering dialami oleh kebanyakan orang pada kehidupan sehari-hari adalah rasa nyeri yang terbagi dalam beberapa tingkatan mulai dari yang ringan hingga yang berat. Biasanya rasa nyeri yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah sakit gigi.

Untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi, biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan Asam Mafenamat. Obat kimia ini memang sudah terbukti cukup efektif untuk meringankan rasa nyeri dan telah banyak direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi keluhan yang sama. Namun, sebelum mengkonsumsinya penggunanya harus mengetahui informasi mengenai tentang aturan mengkonsumsinya, fungsi dan efek sampingnya.

Kegunaan Asam mafenamat 500 mg untuk sakit gigi

Asam Mafenamat merupakan obat yang mempunyai kemampuan untuk membantu meringankan peradangan dan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu. Biasanya penggunaannya difungsikan untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi, menstruasi, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri setelah melahirkan dan pembengkakan karena termasuk dalam jenis Non-Steroid Anti-Inflammatory Drug (NSAID).

Dosis dan penggunaannya :  

Digunakan bertahap mulai dari 500 mg, kemudian penggunaan berikutnya 4 x 250 mg (tidak boleh lebih dari 2500 mg per hari) namun rentan waktu penggunaannya tidak boleh lebih dari 7 hari.

Efek Samping Penggunaan Asam Mefenamat

Penggunaan Asam Mafenamat bukan tanpa resiko atau efek samping, efek samping yang ditimbulkan dari obat ini bervariasi karena tergantung pada reaksi masing-masing penggunanya. Biasanya efek samping yang sering ditimbulkan adalah pusing, diare, mual, sulit tidur, penurunan nafsu makan, nyeri telinga, penurunan nafsu makan, kelelahan dan nyeri perut.

Selain itu, terkadang obat ini juga menimbulkan efek samping yang lebih berat seperti penurunan kesadaran, gangguan fungsi ginjal, gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, gangguan darah, depresi dan kejang. Namun, obat ini tidak menimbulkan efek ketergantungan.

Namun, obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi untuk wanita hamil dan ibu menyusui karena merupakan obat kontraindikasi bagi wanita hamil yang akan meningkatkan resiko bayi lahir cacat. Serta tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur 14 tahun. Demikianlah, informasi artikel kesehatan mengenai kegunaan Asam Mafenamat 500 mg untuk sakit gigi. (Baca juga: Aturan Minum Frutablend HWI yang Benar)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D