Efek Samping Suntik KB 1 Bulan Cyclofem

Efek Samping Suntik KB 1 Bulan Cyclofem – Kontrasepsi suntikan merupakan cara untuk mencegah kehamilan melalui suntik hormonal. Sebelum disuntik, kesehatan ibu harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan adanya kecocokan karena pada umumnya selama pemakaiannya ada persyaratan yang sama dengan pemakaian pil.
 
Ada beberapa jenis alat KB suntik yang sering digunakan oleh wanita Indonesia, diantaranya adalah suntikan KB per bulan Cyclofem dan suntik KB per 3 bulan sekali seperti Depogeston dan Depoprovera.

Efek samping suntik KB 1 Bulan Cyclofem

Walaupun ada beberapa pilihan suntik KB, akan tetapi suntik KB yang sering dilakukan adalah suntik KB per 3 bulan sekali dibandingkan dengan suntik KB per 1 bulan sekali karena alasan kesibukan mereka sehingga lebih memilih untuk suntik KB 3 bulan sekali.

Keduanya sama-sama mempunyai efek yang nyata bagi wanita, salah satunya adalah kenaikan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya gantilah dengan kontrasepsi lain paling sedikit kontrasepsi suntikan sekali sebulan sehingga efek samping yang ditimbulkan juga lebih sedikit. Berikut ini kerugian dan efek samping yang ditimbulkan dari suntik KB 1 bulan Cyclofem.

Kerugian atau Efek Sampingnya :

a.    Tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu
b.    Gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang, spotting, tidak mengalami haid sama sekali dan ada juga yang mengalami pendarahan banyak ataupun sedikit.
c.    Kenaikan berat badan
d.    Terlambatnya kembali kesuburan setelah berhenti
e.    Terjadi perubahan pada lipid serum jika digunakan jangka panjang
f.     Kekeringan vagina
g.    Densitas tulang
h.    Menurunkan libido, gangguan emosi, sakit kepala dan berjerawat

Namun, semua efek samping suntik KB 1 bulan Cyclofem tersebut bisa terjadi apabila ibu tidak cocok selama menggunakannya, sehingga akan lebih baik jika sebelum memilih menggunakan alat kontrasepsi berkonsultasi dan memeriksakan diri terlebih dahulu agar mendapatkan kontrasepsi yang tepat sesuai dengan keadaan atau kondisi tubuh. Apabila terjadi efek samping yang merugikan atau berbahaya sebaiknya segera hentikan dan gantilah dengan memilih alat kontrasepsi lainnya. (Baca juga: Efek Samping Akibat Suntik KB)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D