Efek Samping Pil KB Microgynon

Efek Samping Pil KB Microgynon – Microgynon merupakan salah satu kontrasepsi oral yang banyak dikonsumsi oleh wanita Indonesia. Pil KB ini mengandung 0,15 mg Levonor-gester dan 0.003 mg Etinilestradiol serta 7 tablet placebo.
 
Efek samping pil KB MicrogynonBagaimana cara mengkonsumsi Microgynon? Tablet diminum sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan dan harus diminum setiap hari pada waktu yang sama dengan air secukupnya. Tablet diminum secara terus-menerus, satu tablet diminum tiap hari selama 28 hari berturut-turut. Kemasan berikutnya, diminum setelah tablet pada kemasan sebelumnya habis. Biasanya pendarahan lucut akan terjadi di hari ke 2 – 3 setelah mulai minum tablet placebo dan belum tentu berhenti sebelum kemasan berikutnya dimulai.

Jika masih kebingungan dengan aturan minumnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan informasi yang akurat. Walaupun belum pernah ada laporan efek buruk karena kelebihan dosis, namun mengkonsumsi pil KB ini secara berlebihan dapat menyebabkan rasa mual, muntah dan sakit kepala.

Efek Samping

1.    Saluran pencernaan                   : muntah, mual dan keluhan lambung lainnya
2.    Sistem syaraf pusat                    : depresi, perubahan libido, sakit kepala
3.    Perubahan sekresi vagina         : perubahan haid & pendarahan antar haid
4.    Kulit                                              : nodosum, erythema multiforme dan ruam
5.    Payudara                                     : nyeri, pembesaran, sensitivitas dan sekresi
6.    Mata                                             : intoleransi terhadap lensa kontak
7.    Lain-lain                                       : perubahan berat badan, retensi air, hipersensitiv

Sedangkan efek sampingnya untuk wanita yang sensitif, penggunaannya kadang-kadang dapat menimbulkan kloasma yang semakin parah jika terkena sinar matahari sehingga wanita yang sensitif harus menghindari paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama.

Jika mengalami salah satu efek samping tersebut, maka pemakaiannya harus disesuaikan dengan dosis yang tepat atau segera hentikan pemakaian dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi kontrasepsi oral yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. Hal ini berguna untuk mencegah agar efek samping pil KB Microgynon tidak menjadi semakin parah bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. (Baca juga: Efek Samping Akibat Suntik KB)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D