Efek Samping Cyclo Progynova untuk Ibu Hamil

Efek Samping Cyclo Progynova untuk Ibu Hamil -  Cyclo Progynova adalah obat salut gula yang berbentuk tablet yang terdiri atas 21 butir di dalam kemasannya. 21 tablet tersebut terdiri atas 11 tablet yang masing-masing mengandung zat Estradiol Valerat sebanyak 1 mg. Sedangkan, 10 tablet lainnya mengandung Estradiol Valerat sebanyak 2 mg dan Norgestrel sebanyak 0,5 mg.

Efek samping Cyclo Progynova untuk ibu hamil

Karena semua kandungan di dalamnya yang notabennya adalah sintetik hormon estrogen, obat ini berguna untuk mengatasi amonere (tidak mendapatkan haid) baik secara promer maupun sekunder, dapat digunakan sebagai pengobatan kekurangan hormon, melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur, mencegah menopause dini, mengobati pasca menopause dan dapat dijadikan sebagai obat penganti hormon setelah mengalami ooferktomi. 

Efek Samping 

Efek samping yang dapat terjadi pada pemakaian obat ini adalah : 

1.    Mual, muntah / nyeri perut, kembung
2.    Sakit kepala / pusing dan migrain
3.    Kemerahan pada kulit / ruam di kulit
4.    Perubahan / kenaikan berat badan hingga obesitas
5.    Perdarahan lewat vagina
6.    Rasa kencang di bagian payudara

Efek samping pada wanita hamil :

1.    Gangguan pada janin
2.    Keguguran
3.    Resiko bayi lahir cacat
4.    Resiko bayi lahir prematur
Dosis

Melancarkan menstruasi                            : 1 tablet setiap hari dimulai pada hari ke-5 siklus haid, dilanjutkan dengan jarak waktu 7 hari bebas tablet sebelum siklus haid berikutnya.

Amenore atau siklus haid tidak teratur   : pengobatan dimulai segera setelah peresepan (1 tablet/hari dimulai langsung setelah dipastikan tidak ada tanda kehamilan).

Obat ini hanya dikonsumsi atas resep dan rekomendasi dari dokter saja mengingat bahwa efek samping Cyclo Prognova untuk ibu hamil akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin dan ibunya. Pada umumnya dokter akan meresepkan obat ini jika memang terbukti benar tidak ada kehamilan. Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan pada artikel ini, sekiranya dapat bermanfaat bagi pembaca terutama untuk wanita yang bermasalah dengan siklus menstruasinya. (Baca juga: Aturan Minum Cyclo Progynova Bagaimana Caranya? )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D