Dosis Parasetamol Anak 1 Tahun & Dewasa

Dosis Parasetamol Anak 1 Tahun & Dewasa – Dosis obat parasetamol yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah dua tablet 500 gram atau 1 gram parasetamol setiap empat hingga enam jam sekali. Namun, pemakaiannya tidak boleh melebihi 8 tablet (4 gram) dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Dosis ini dapat terus digunakan selama beberapa hari, jika dibutuhkan waktu yang lebih lama maka harus dengan pengawasan dokter.
 
Dosis Parasetamol anak 1 tahun & dewasa

Sementara dosis untuk anak-anak, berbeda dengan usia yang dimilikinya. Oleh karena itu ikutilah petunjuk yang ada di dalam kemasan. Secara umum, dosis pada anak-anak didasarkan pada satu dosis parasetamol yaitu, 10 mg/kg BB (berat badan), yang dapat diulang selama 4 – 6 jam sekali namun tidak boleh lebih dari 40mg per 1 x 24 jam.

Pada rekomendasi dari dokter saja, parasetamol dapat diberikan  untuk anak berumur 2 bulan setelah imunisasi sebagai dosis tunggal 60 mg (2,5 ml suspensi, yaitu parasetamol cair (oral) pada kekuatan 120 mg per 5 ml). Saran dokter untuk anak berumur 3 bulan dosis parasetamol adalah 10 mg/kg BB (5mg/kg jika bayi menderita penyakit kuning).

Sementara untuk anak 3 bulan sampai 1 tahun usia dosis antara 60mg dan 120 mg (yaitu 2.5mL untuk 5 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 120mg/5mL) dapat diulang setiap 4 - 6 jam sekali, menjadi maksimum 4 dosis dalam 24 jam. Sedangkan, anak umur 1 sampai 5 tahun dari 120 mg sampai 250mg (yaitu 5 ml untuk 10 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 120mg/5mL) dapat diulang setiap 4 hingga 6 jam maksimum 4 dosis dalam 1 x 24 jam.

Untuk seorang anak 6 sampai 12 tahun 250 mg sampai 500 mg (yaitu 5 ml untuk 10 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 250mg/5mL) dapat diulang setiap 4 hingga 6 jam maksimum 4 dosis dalam 1 x 24 jam.

Dosis ini telah ditentukan dan ditemukan agar menjadi efektif, baik, ditoleransi dan aman dalam penggunaannya. Jika dosis ini tidak terbukti efektif, maka seorang apoteker ataupun dokter harus berkonsultasi terlebih dahulu agar mendapatkan saran yang lebih lanjut.

Dosis yang sudah ditentukan tersebut harus diikuti, jika ada rumah sakit yang menganjurkan dosis yang lebih tinggi maka, hal itu merupakan tanggung jawab resep dokter karena tidak ada batas yang jelas dimana racun mungkin terjadi pada pasien individu. 

Sebelum memakai atau mengkonsumsi obat ini sebaiknya, ketahuilah dan patuhilah dosis Parasetamol anak 1 tahun & dewasa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca juga: Cara Alami Mengatasi Demam Berdarah pada Anak)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D