Dosis Metilprednisolon Tablet pada Anak

Dosis Metilprednisolon Tablet pada Anak – Metilprednisolon merupakan obat dari jenis Glukokortikoid yang merupakan turunan dari Prednisolon yang mempunyai efek kerja dan penggunaan sama seperti dengan senyawa induknya. Obat ini tidak mempunyai aktivitas retensi natrium seperti jenis Glukokortikosteroid yang lainnya.
Dosis Metilprednisolon tablet pada anak
 

INDIKASI

Keadaan alergi dan peradangan pasa kulit serta saluran pernapasan tertentu, penyakit kolagen, fungsi adrenokortikal, penyakit hematologik atau hiperkalsemia sehubungan dengan kanker.

KONTRAINDIKASI


  • Pasien / bayi yang sedang diimunisasi
  • Infeksi jamur sistemik pada pasien hipersensitif (penderita alergi)
  • Pemberian kortikosteroud yang sama merupakan kontraindikasi pada ulkus duodenum dan peptikum
  • Penderita osteoporosis berat, penderita herpes dan penderita dengan riwayat penyakit jiwa

DOSIS

Dewasa

Dosis awal dari metilprednisolon dapat bermacam-macam dari 4 mg – 48 mg per hari, dosis tunggal atau terbagi, tergantung kebutuhan atau keadaan penyakit.
Dalam sklerosis multiple, oral sebanyak 160 mg sehari selama 1 minggu, kemudian 64 mg setiap 2 hari sekali dalam 1 bulan.

Anak-anak

Insufisiensi adrenokortikal, oral 0,117 mg/kg BB atau 3,33 mg per m2 luas permukaan tubuh sehari dalam dosis terbagi menjadi tiga.
Indikasi lain, oral 0,417 mg – 1,67 mg /kg BB atau 12,5 mg – 50 mg per m2 luas permukaan tubuh sehari dalam dosis terbagi 3 atau 4.

Obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil dan ibu menyusui, kecuali memang benar-benar dibutuhkan dan direkomendasikan oleh dokter. Namun, bayi yang baru lahir dan ibu yang sedang hamil yang menerima obat ini kondisinya harus selalu diperiksa. Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi jangka panjang khususnya untuk bayi dan anak-anak karena dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya, sedangkan pada orang dewasa, pemakaian jangka panjangnya dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit.

Sebelum memberikan obat ini kepada anak-anak, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu informasi mengenai dosis Metilprednisolon tablet pada anak beserta dengan aturan minumnya. Untuk informasi selengkapnya bisa didapatkan dari aturan pemakaian di balik kemasan atau akan lebih baik jika menanyakan langsung dengan dokter spesialis anak. (Baca juga: Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Sistem Imun Anak)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D