Dosis CTM Anak 1,2 & 3 Tahun

Dosis CTM Anak 1,2 & 3 Tahun -  Chlorpheniramin Maleat atau yang lebih dikenal dengan sebutan CTM adalah salah satu obat anthistaminika yang mempunyai efek sedative sehingga dapat menimbulkan rasa kantuk. Hal itu membuat pengunaan obat ini sering digunakan sebagai obat tidur dibandingkan dengan fungsi utamanya sendri yaitu anti-histamin.
 
Efek sedative tersebut memang menguntungkan jika dikonsumsi bagi pasien yang membutuhkan istirahat, namun akan menganggu apabila pasien yang mengkonsumsinya adalah orang yang tetap dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan kewaspadaan tinggi. Oleh karena itu, pengguna obat ini dilarang mengendarai kendaraan bermotor dan menjalankan mesin.
Dosis CTM Anak 1,2 & 3 tahun

Indikasi

Pengobatan pada gejala-gejala alergis, seperti: bersin, rinorrhea, urticaria, pruritis, dan lain sebagainya

Kontra Indikasi

Dapat memperburuk kondisi penderita asma bronkial, retensi urin dan glaukoma

Efek Samping

Efek samping yang sering terjadi adalah efek sedatif  (rasa mengantuk), gangguan pada saluran pencernaan, mulut kering, dan kesukaran miksi.
 
Dosis & Takaran / Aturan Pemakaian:


  • Anak-anak 1 - 6 tahun        :  0.25 dosis dewasa
  • Anak-anak 6 - 12 tahun      :  0.5 dosis dewasa
  • Dewasa                                :  3 - 4 kali sehari 0.5 - 1 tablet

Simpanlah obat ini di tempat yang kering, tertutup rapat dengan suhu sejuk / suhu kamar. Selama penggunaan atau mengkonsumsi obat ini harus dengan resep dokter atau rekomendasi dengan dokter. Selain itu, selama meminum obat ini, dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor dan menjalankan mesin. CTM merupakan obat yang mempunyai interaksi dengan alkohol, anti-kolinergik, dan depresan syaraf pusat. Jika, ingin dikonsumsi dalam jangka panjang konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut kepada dokter supaya terhindar dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai dosis CTM anak 1, 2 & tahun beserta indikasi dan informasi-informasi lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber refrensi dan sumber pengetahuan bagi pembaca di dunia farmasi serta obat-obatan. Tetap jagalah kesehatan tubuh karena kesehatan merupakan aset berharga yang tak ternilai. (Baca juga: Kenali Gejala Alergi Telur pada Anak)




Advertisement

Artikel Lainnya :-D