Obat Zyloric: Harga, Fungsi & Efek Samping

Obat Zyloric: Harga, Fungsi & Efek Samping - Zyloric adalah obat yang digunakan untuk menurunkan konsentrasi asam urat dalam tubuh dan/atau air kemih untuk mencegah terjadinya atau melarutkan kembali endapan asam urat/garam urat. Obat ini memiliki kandungan allopurinol yang berguna untuk mengurangi pembentukan asam urat dengan cara menghambat enzim Xantin Oksidase serta mengurangi jumlah Hipoxatin dan Xatin yang akan diubah menjadi asam urat / garam urat.

Obat Zyloric: Harga, fungsi & efek samping
Karena kandungan allopurinol mempunyai kemampuan untuk mengurangi pembentukan asam urat, maka konsentrasi asam urat di dalam cairan tubuh dan di dalam kantung kemih menjadi berkurang. Obat ini berguna untuk menghilangkan asam urat pada sinus-sinus, mengurangi frekuensi serangan akut radang sendi, mencegah dan mengobati kerusakan organ ginjal akibat asam urat, mengurangi resiko kerusakan ginjal dan lain sebagainya.

Obat ini dijual dengan isi tablet yang bervariasi sehingga harganya juga berbeda :

  • Zyloric tablet 100 mg, box, 6 blister @10 tablet              : Rp. 25.000,-
    Zyloric tablet 100 mg, box, 20 blister @10 tablet            : Rp. 40.000,-
    Zyloric tablet 300 mg, box, 3 blister @10 tablet              : Rp. 55.000,-
    Zyloric tablet 300 mg, box, 10 blister @10 tablet            : Rp.  70.000,-

Dengan catatan, harganya berbeda di masing-masing tempat namun tidak jauh dengan selisih harga normalnya.

DOSIS DAN CARA PEMBERIAN :

Dosis harus disesuaikan dengan mengukur konsentrasi asam urat pada interval waktu yang sesuai. Obat Zyloric biasanya diberikan 1 kali dalam sehari. Apabila dosis yang diberikan melebihi 300 mg/hari, obat dapat diberikan dalam 2 kali sehari (dosis terbagi).

EFEK SAMPING

1.    Reaksi di bagian kulit :  (gatal), ruam pada kulit/makulopapular, kadang-kadang terjadi pengelupasan, purpurik dan eksfoliatif.
2.    Hipersensitivitas yang menyeluruh. Jika sudah mengalaminya, maka pemakaian Zyloric harus dihentikan segera dan harus dihentikan selamanya
3.    Angioimmunoblastic lymphadenopathy (jarang).
4.    Hepatitis granulomatosa (jarang).
5.    Kelainan-kelainan pada saluran pencernaan : mual, muntah (pernah dilaporkan). Dapat dihindari dengan menelan obat setelah makan.
6.    Kelainan darah dan sistem limfatik (jarang).
7.    Reaksi-reaksi lainnya (kadang-kadang) : ataksia, somnolen, koma, depresi, paralisis, parestesia, neuropati, demam, rasa lesu, astenia, sakit kepala, vertigo, kelainan penglihatan, katarak, rasa tidak enak di mulut, dan sariawan.

Karena memberikan banyak efek samping bagi kesehatan, maka penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Simpanlah di tempat kering pada suhu kamar, yaitu di bawah suhu 25 ºC. 

Itulah informasi seputar obat Zyloric: harga, fungsi & efek samping, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan pertimbangan obat ini. Sebaiknya jangan dikonsumsi tanpa anjuran dokter karena obat ini mempunyai banyak efek samping yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. (Baca juga: M Kapsul Pelancar Haid: Harga obat)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D