Komposisi Pocari Sweat dan Fungsinya

Komposisi Pocari Sweat dan Fungsinya  - Pocari Sweat merupakan salah satu minuman isotonik yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang bersamaan dengan keringat. Mengingat bahwa 80% tubuh manusia terdiri dari air sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi air sekitar dua liter sehari atau setara dengan delapan gelas air sehari. Hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat, sekresi, air seni dan pernapasan.
 
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa setiap harinya manusia bisa kehilangan sekitar 2.500 ml cairan di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan minum minuman yang tepat sebagai penganti cairan tubuh seperti Pocari Sweat.

Komposisi Pocari Sweat dan fungsinya

Pocari Sweat mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan minuman lainnya karena merupakan cairan yang dapat meresap dengan cepat ke dalam tubuh manusia karena mempunyai sifat osmolaritas yang sangat baik karena mempunyai komposisi yang mirip dengan cairan tubuh manusia yang asli.

Komposisi Pocari Sweat :

Air, gula, Natrium Klorida, Kalium Kloridu, Magnesium Karbonat, Antioksidan asam askrobat, Perisa alami sitrus dan pengatur keasaman.
Setelah mengetahui komposisi dari minuman ini, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai fungsinya :
1.    Menghilangkan Rasa Haus

Minuman ini tidak hanya berisi air tetapi juga mempunyai kandungan elektrolit-elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh sehingga ketika dikonsumsi dapat menghilangkan rasa haus. Hal ini disebabkan karena kandungan elektrolit di dalamnya dapat menahan air yang ada di dalam tubuh agar tidak cepat keluar.

2.    Aman Dikonsumsi

Minuman ini berbeda dengan minuman karbonasi karena minuman berkarbonasi justru dapat menimbulkan bahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Sementara, Pocari Sweat merupakan minuman yang aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja mulai dari anak-anak usia 1 tahun hingga manula.

3.     Minuman yang Disarankan untuk Penderita Penyakit Tertentu

Penderita penyakit DBD disarankan untuk mengkonsumsi air, seperti Pocari Sweat  dan juga disarankan untuk penderita maag yang sering kambuh sekalipun.
.
4.    Melancarkan Buang Air Besar

Jika dikonsumsi secara rutin, Pocari Sweat mempunyai kemampuan untuk melancarkan buang air besar, mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

5.    Membantu Memulihkan Kondisi Tubuh

Ketika sedang tidur, tubuh akan segera memulihkan kondisi tubuh yang lelah ketika beraktivitas di siang hari. Pada saat itulah, cairan tubuh sangat berperan untuk mengantarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh, sekaligus dapat membantu mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Oleh karena itu, minum Pocari Swear sebelum dan sesudah tidur dapat membantu memulihkan kondisi tubuh.

Nah itu tadi, beberapa informasi mengenai komposisi Pocari Sweat dan fungsinya. Semoga informasi ini berguna untuk menambah wawasan pembaca khususnya di dunia minuman yang menyehatkan. (Baca juga: Jenis Minuman Pengganti Air Putih yang Berkhasiat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D