Kegunaan Obat Mefinal Acid 250 & 500mg

Kegunaan Obat Mefinal Acid 250 & 500mg – Mefinal merupakan obat analgensik golongan non-steroid anti-inflamasi drug (NSAID) yang mempunyai kemampuan yang baik terhadap pusar syaraf perifer. Obat ini berupa kapsul yang mengandung 250 mg asam mafenamat dan tersedia pula dalam bentuk kaplet yang mengandung 500 mg asam mafenamat.
 
Obat ini berguna untuk menghilangkan rasa nyeri dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh keadaan rematik akut ataupun kronis, pegal-pegal pada otot & persendian, nyeri haid / dismenore, sakit kepala, sakit gigi, nyeri pasca operasi, luka pada jaringan lunak dan kondisi yang lainnya.

Kegunaan obat Mefinal Acid 250 & 500 mgMefinal dapat dikonsumsi untuk anak-anak di atas 6 bulan sebanyak 3 – 6,5 mg/ kg berat badan anak setiap 6 jam sekali. Sedangkan untuk dewasa dan anak di atas 14 tahun, mula-mula mengkonsumsi 500 mg kemudian 250 mg setiap 6 jam sekali. Namun, jika sudah dikonsumsi tetapi rasa nyeri tidak kunjung hilang maka segera hentikan pemakaiannya karena obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 7 hari.

Obat ini diharuskan untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan, yaitu sesudah makan karena bersifat sama yang dapat mengitasi lambung. Setelah mengkonsumsinya dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

Anda yang meminum obat ini wajib diberikan bersama makanan (minum segera setelah makan), karena sifat obat ini adalah asam sehingga bisa mengiritasi lambung. Selain itu, obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, ibu menyusui dan pasien dengan gangguan fungsi jantung.

Pemakaian obat ini harus berdasarkan dengan anjuran dari dokter atau resep dari dokter meskipun sudah bisa dibeli dan didapatkan di apotik-apotik terdekat. Ketika mengkonsumsinya, sebaiknya patuhilah aturan minum yang sudah dianjurkan  oleh dokter karena pemakaian dosis yang berlebihan akan berdampak serius bagi kesehatan tubuh. 

Kegunaan obat Mefinal Acid 250 dan 500 mg bisa bersifat menyembuhkan apabila dikonsumsi dengan cara yang baik, tepat dan bijaksana. Jika, ingin mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya yaitu dengan dokter yang bersangkutan. (Baca juga: M Kapsul Pelancar Haid: Harga Obat)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D