Dosis Pirantel Pamoat Sirup & Tablet untuk Anak & Dewasa

Dosis Pirantel Pamoat Sirup & Tablet untuk Anak & Dewasa – Di negara Indonesia, obat Pirentel Pamoat bermacam-macam, seperti Combantrin, Omegapantrin, Pantrin dan lain sebagainya. Pirentel Pamoat merupakan obat cacing yang sudah banyak dikonsumsi pada saat ini, kemungkinan karena cara penggunaannya yang praktis yaitu mempunyai dosis tunggal sehingga dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.
 
Obat ini dapat membasmi berbagai jenis cacing yang berada di dalam usus, seperti cacing kermi (Enterobius vermicularis), cacing tambang (Necator americanus / Ancylostoma duodenale), cacing gelang (Ascaris lumbrocoides), Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Trichostrongylus orientalis.

Dosis Pirantel Pamoat Sirup & Tablet untuk Anak & Dewasa

Cara kerja obat Pirantel Pamoat adalah melumpuhkan cacing dengan cara Mendepolarisasi senyawa penghambat neuromukuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh bersamaan dengan tinja atau fesses. Setelah dikeluarkan, cacing akan mati dengan sendirinya.

Obat ini dapat dikonsumsi dengan keadaan perut kosong dan dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan, susu maupun jus. Pemakaiannya berupa dosis tunggal sehingga dikonsumsi sekali minum.  Biasanya dosisnya dihitung per berat badan (BB), yaitu 10 mg / kgBB. Namun, dosis yang digunakan tidak boleh melebihi 1 gr.

Aturan minum : 

Aturan minum di bawah ini, untuk sekali pengobatan, cukup diminum sekali sebelum atau sesudah makan.

  • Setiap tablet mengandung pirantel pamoate setara dengan pirantel base 250mg
  • Takaran tablet / sirup 250 mg untuk sekali pengobatan:
  • Umur 2-6 tahun      : ½ - 1 tablet atau ½ - 1 sdt (sirup)
  • Umur 6-12 tahun    : 1-1 ½ tablet atau  1 –1  ½ sdm (sirup)
  • >12 tahun               : 1 ½ -2 tablet atau 1 ½ - 2 sdm (sirup)

Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 2 tahun dan ibu hamil karena cukup berbahaya. Penggunaan obat ini bagi penderita gangguan hati sebaiknya harus berhati-hati karena dapat menyebabkan efek antagonis.

Janganlah menganggap bahwa infeksi cacingan sebagai masalah yang sepele, walaupun belum ada kabar bahwa infeksi ini dapat menyebabkan kematian tetapi tetap berbahaya karena cacing di dalam tubuh dapat menganggu kesehatan. Oleh karena itu, jika terkena infeksi cacing segera konsumsilah obat cacing dengan ketepatan dosis Pirantel Pamoat sirup & tablet untuk anak & dewasa. (Baca juga: Mengatasi Demam Panas pada Bayi Setelah Imunisasi)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D