Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan pada Pria & Wanita


Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan pada Pria & Wanita – Anyang-anyangan merupakan suatu infeksi pada saluran kemih yang terjadi akibat kuman ataupun bakteri seperti Klebsiella, E. coli, dan Pseudomonas. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita, pria maupun anak-anak. Sering buat air kecil tetapi keluar sedikit demi sedikit bahkan terkadang disertai dengan rasa sakit merupakan tanda dari anyang-anyangan.
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/pria-wanita-toilet-ladys-ikon-307824/
 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini, diantaranya adalah ketika berhubungan intim dengan pasangan tidak memperhatikan kebersihan pada kemaluan pria maupun wanita sehingga dapat meninggalkan bakteri pada liang kemih. Menunda-nunda buang air kecil juga dapat menyebabkan terjadinya anyang-anyangan sehingga dianjurkan untuk segera buang air kecil dan tidak menahannya. 

Jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera diobati, anyang-anyangan dapat menimbulkan kondisi penyakit yang lebih serius karena kuman yang ada di saluran kemih atas akan sampai ke ginjal sehingga akan menyebabkan terjadinya infeksi pada organ ginjal. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan, yaitu menggunakan obat-obatan kimiawi dan dengan cara yang alami.

Untuk pengobatan kimiawi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat antibiotik yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri. Sedangkan dengan cara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan dari jeruk nipis dan ramuan dari kumis kucing. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

1.    Jeruk Nipis

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis yang segar
  • Cucilah kemudian belah menjadi dua
  • Peraslah jeruk nipis kemudian ambil airnya
  • Tambahkan air panas dan gula pasir secukupnya
  • Minumlah selagi hangat

2.    Kumis Kucing


  • Ambilah daun kumis kucing secukupnya, lalu keringkan
  • Setelah kering, seduhlah ke dalam gelas yang berisi air panas
  • Tambahkan gula jawa atau gula merah secukupnya
  • Minumlah ramuan ini 2 kali sehari hingga sembuh

Cara menyembuhkan anyang anyangan pada pria & wanita ini juga harus tetap disertai dengan selalu menjaga kebersihan organ reproduksi untuk mencegah terjadinya kembali anyang anyangan dikemudian hari. (Baca juga: Mengenal Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D