Tips Tidur Nyenyak untuk Wanita Hamil

Seorang ibu hamil tentunya harus bertanggung jawab penuh untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin di dalam kandungannya. Selain makanan yang harus dijaga, ibu hamil juga perlu memperhatikan pola tidur. Memang tidaklah mudah untuk mengatur pola tidur untuk mereka karena saat hamil wanita akan mengalami banyak gangguan kesehatan yang menganggu kenyamanan. Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidur nyenyak saat hamil.


1.    Mengatasi Stres

Tips tidur nyenyak untuk wanita hamil
image source: pixabay.com 
Ketika stres dan depresi meningkat ketika hamil, hal ini akan menganggu pola tidur sehingga dianjurkan untuk mengatasinya dengan cara melakukan meditasi, yoga atau melakukan kegiatan yang menyenangkan semuanya.

2.    Batal Tambahan

Ibu hamil sangat membutuhkan batal yang tebal dan empuk untuk menopang punggung dan perutnya. Tambahkan batal pada sekitar kaki dan betis yang dapat membantu menahan punggung agar tidur dengan nyenyak dan nyaman.

3.    Mengurangi Tidur Siang

Tidur siang yang berlebihan dapat membuat ibu hamil kesulitan untuk tidur di malam hari. Sebaiknya, kurangilah waktu tidur siang jika ingin tidur malam dengan cepat dan nyenyak.

4.    Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Untuk mendapat tidur malam yang berkualitas dan nyenyak dianjurkan agar mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan makanan yang berprotein tinggi.

5.    Kurangi Minum di Malam Hari

Meminum air putih memang baik bagi kesehatan tubuh, namun ibu hamil hanya dianjurkan untuk minum air di pagi hingga siang hari. Pasalnya, meminum air di sore dan malam hari akan menganggu tidur jika ingin buang air kecil.

6.    Membuat Jadwal Tidur

Mempunyai jadwal tidur yang teratur dapat menyehatkan tubuh ibu hamil dan janinnya, oleh karena itu buatlah jadwal tidur dan selalu konsistenlah untuk menerapkannya.

7.    Hindari Mengkonsumsi Junk Food

Hindarilah mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food karena dapat menganggu kualitas tidur ibu hamil.

8.    Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membuat otot menjadi tenang sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Dengan beberapa cara ini, ibu hamil akan mempunyai intensitas tidur yang lebih nyenyak sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan bila tetap diimbangi dengan menjalankan pola hidup sehat. (Baca juga: Mengatasi Morning Sickness dengan Jus Gojiberry)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D