Tips Menurunkan Berat Badan saat Berpuasa

Selain dijadikan sebagai bulan baik untuk mencari mendapatkan pahala dengan amalan baik, ternyata bulan Ramadhan sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk berdiet terutama bagi kaum hawa. Hal ini disebabkan karena mereka mempunyai pikiran bahwa dengan berpuasa dapat mengontrol asupan makan sehingga mereka dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Padahal faktanya menunjukkan hal yang berbeda, karena berpuasa juga dapat meningkatkan potensi bertambahnya berat badan karena seseorang yang berpuasa sering lupa diri ketika mengkonsumsi makanan saat berbuka. Oleh karena itu diperlukan tips yang berguna untuk menurunkan berat badan saat berpuasa.

Tips menurunkan berat badan saat berpuasa

1.    Hindari Karbohidrat

Ketika berpuasa banyak orang yang berpikiran bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dapat membantu menahan lapar hingga waktu berbuka tiba. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan ketika berpuasa karena mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi justru akan meningkatkan berat badan.

2.    Perhatikan Menu Berbuka Puasa

Berbuka puasa dianggap sebagai waktu balas dendam untuk makan karena pada saat itu nafsu makan menjadi meningkat setelah menahan rasa lapar dan haus seharian penuh. Agar tidak menimbulkan resiko kenaikan berat badan, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mempunyai banyak kandungan gula. Untuk meningkatkan energi di dalam tubuh sebaiknya konsumsi kurma dan sayur-sayuran sebelum mengkonsumsi makanan yang berat saat berbuka.

3.    Memenuhi Asupan Cairan

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika ingin menurunkan berat badan saat berpuasa adalah menjaga asupan cairan. Selain itu, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein.

4.    Berolahraga

Berpuasa bukanlah hal yang dapat dijadikan untuk bermalas-malasan, agar mendapatkan hasil diet yang diinginkan sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Jika dilakukan dengan cara yang benar, menjalankan program diet saat berpuasa dapat terwujud dengan mudah sehingga terlihat langsing ketika lebaran. (Baca juga: Perbandingan Antara Diet Rendah Lemak dan Diet Rendah Karbohidrat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D