Tips Menjaga Asupan Gizi Anak saat Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh ummat muslim di seluruh dunia. Namun hal ini tidak berlaku untuk anak-anak karena kebanyakan dari mereka belum mampu untuk melakukannya. Ada baiknya untuk membiasakan anak berpuasa sejak dini agar anak dapat belajar tentang menahan rasa lapar.

Asupan gizi anak berpuasa

Anak-anak merupakan masa pertumbuhan dimana mereka masih memerlukan asupan gizi dan energi yang cukup banyak. Oleh karena itu, anak-anak mudah merasa lapar apalagi bagi mereka yang mempunyai karakter aktif. Ada beberapa tips yang berguna untuk menjaga asupan gizi anak saat berpuasa.

1.    Pastikan Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Saat berbuka dan makan sahur selalu hidangkan sayur dan buah untuk anak karena berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ketika berpuasa.

2.    Membuat Hindangan Pembuka yang Sehat dan Enak

Usahakan untuk selalu membuat hidangan pembuka yang sehat dan enak. Sebaiknya jangan memberikan hidangan instan pada anak dan selalu perhatikan kandungan gizi di dalamnya. Selain itu, kerasikan setiap makanan agar mereka tertarik untuk memakannya.

3.    Banyak Minum Air Putih

Jagalah asupan mineral anak dengan meminta mereka untuk minum air putih saat sahur, berbuka dan ketika sebelum tidur malam.

4.    Pilih Menu Sahur dengan Selektif

Perhatikan kandungan gizi makanan yang digunakan sebagai menu sahur, pastikan agar makanan mengandung karbohidrat dan kandungan nutrisi lainnya sebagai penyuplai energi tubuh anak. Sebaiknya juga hindari memberikan makanan dengan bumbu padat dan mengandung banyak santan.

5.    Berikan Suplemen Tambahan

Siapkan suplemen tambahan untuk anak seperti vitamin agar asupan gizinya terjaga dengan baik.

Sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan makanan berat yang mengandung banyak bumbu dan santan ketika sahur dan berbuka. Pasalnya, hal tersebut justru akan memberikan pengaruh buruk pada sistem pencernaan. (Baca juga: Agar Tidak Cepat Haus dana Mengantuk Selama Berpuasa)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D