Tips Menggoreng Makanan Agar Lebih Sehat

Di balik makanan kerenyahan dan kenikmatan makanan yang digoreng terdapat banyak bahaya bagi kesehatan tubuh karena terlalu banyak mengandung minyak. Pasalnya, makanan berminyak pasti mengandung banyak lemak trans, lemak jenuh dan kolesterol sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung, stroke dan kadar kolesterol meningkat. Untuk pencegahannya sebaiknya jangan membeli makanan yang diolah dengan cara digoreng karena belum tentu terjamin kualitasnya. Cobalah untuk menggoreng makanan sendiri di rumah dengan tetap menerapkan cara sehat ketika menggoreng makanan.
Menggoreng makanan agar lebih sehat
 
1.    Gunakan Minyak yang Tepat

Ketika ingin menggoreng makanan sebaiknya gunakan minyak jagung, minyak biji bunga matahari atau minyak canola karena lebih sehat karena tidak mengandung banyak lemak trans sehingga aman untuk digunakan.

2.    Memasak dengan Api Kecil

Memasak dengan menggunakan api besar dapat membuat minyak menjadi semakin panas dan dapat membuat makanan menjadi cepat kosong tetapi dalamnya masih mentah. Memasak dengan api kecil dapat membuat makanan matang merata sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

3.    Membuat Adonan dengan Tipis

Bagi yang hobi membuat gorengan seperti tahu, pisang, tempe, ubi dan lain sebagainya biasanya akan dilapisi terlebih dahulu dengan adonan tepung yang dicairkan. Sebaiknya jangan membuat lapisan adonan yang terlalu tebal karena kandungan minyaknya mudah terserap oleh gorengan tersebut.

Dengan mengetahui cara menggoreng dengan tepat, maka makanan yang dikonsumsi menjadi lebih aman dan menyehatkan bagi kesehatan tubuh. (Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mengolah Sayuran)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D