Manfaat Tanaman Acalypha Indica bagi Kesehatan Tubuh

Acalupha Indica atau yang lebih dikenal dengan tanaman akar kucing merupakan salah satu jenis tanaman liar yang banyak ditemukan di perkarangan rumah. Walaupun dianggap sebagai tanaman liar, namun tanaman ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk pengobatan tradisional.

Manfaat tanaman acalypha indica

1.    Mencegah dan Mengatasi Penyakit Disentri

Berkat sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, tanaman ini berguna untuk mengobati penyakit disentri dan mencegah penyakit disentri pada tubuh manusia.

2.    Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan sehingga dapat mengatasi dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir dan lain sebagainya.

3.    Mengobati Penyakit Malaria

Meskipun hingga saat ini penyakit malaria diklaim belum ditemukan obatnya, namun dengan menggunakan tanaman ini dapat mengatasi penyakit malaria karena kandungan zat-zat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya.

4.    Menghambat Pembentukan Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan zat purin, untuk menghambat pembentukannya dan menyembuhkannya dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman acalypha indica ini.

5.    Anti Kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas dan dapat mencegah gangguan dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas, salah satunya seperti penyakit kanker.

Meskipun tanaman ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun penting untuk memperhatikan dosis dan cara pembuatannya ketika ingin memanfaatkannya sebagai obat tradisional agar terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan seperti keracunan. (Baca juga: Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D