Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Ketika Berolahraga

Ketika ingin menjalankan gaya hidup sehat, berolahraga merupakan salah satu faktor yang berguna bagi kesehatan tubuh dan dapat menjaga tubuh tetap fit sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Selain berguna untuk menyehatkan tubuh, berolahraga juga dapat dilakukan untuk membentuk tubuh seperti mengecilkan perut buncit, mengecilkan lengan dan lain sebagainya.
 
Sebelum dan sesudah berolahraga ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu pemanasan dan pendinginan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak inginkan selama berolahraga seperti cidera otot ataupun tubuh.

Manfaat pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga
Image Source: pixabay.com
Pemanasan merupakan tahapan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan berolahraga, tahapan ini bertujuan agar otot dan tubuh tidak tegang dan terkejut dengan olahraga yang akan dilakukan. Sementara, pendinginan merupakan tahapan yang dilakukan sesudah berolahraga. Pendinginan berfungsi untuk merealisasikan dan menenangkan otot-otot tubuh setelah berolahraga.

Selain itu, kegiatan pemanasan dan pendinginan juga berguna untuk mengurangi asam laktat di dalam darah. Pasalnya, pada saat berolahraga tenaga, kinerja jantung dan asam laktat meningkat sehingga diperlukan pemanasan serta pendinginan untuk menormalkan suhu dan fungsi tubuh. 

Ketika ingin berolahraga pastikan untuk selalu melakukan atau mengikuti tahapan pemanasan dan pendinginan dengan benar agar terhindar dari masalah cidera otot saat berolahraga seperti nyeri otot, kram otot, nyeri pada bagian persendian, keseleo, memar dan lain sebagainya.

Meskipun dapat memberikan rasa kaku dan lelah dan berlebihan setelah berolahraga, namun jika dilakukan dengan cara yang benar dan secara teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Baca juga: Manfaat Push Up bagi Kesehatan Otot Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D