Manfaat Minyak Biji Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Kemiri merupakan salah satu rempah dan bumbu masakan yang cukup populer di negara Indonesia. Selain banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, kemiri juga banyak diolah menjadi minyak yang berguna bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin B1, asam minyak, protein, asam linoleat, palmitat, stearat, gliserida, miristat, zat lemak dan lain sebagainya.

Manfaat minyak biji kemiri

Sejak jaman dahulu, masyarakat Indonesia sudah banyak memanfaatkan minyak biji kemiri sebagai penumbuh dan penyubur rambut. Namun, terlepas dari masalah rambut ternyata minyak biji kemiri juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

1.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan zat-zat aktif yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan, mengatasi wasir, sembelit dan masalah sistem pencernaan lainnya.

2.    Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Di dalamnya terdapat kandungan lemak tak jenuh sekitar 53% sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

3.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak jenuh di dalamnya juga dapat mencegah terjadinya pengumpalan darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari serangan jantung dan stroke.

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam biji kemiri terdapat dua jenis protein, yaitu amino esensial dan amino non-esensial. Kedua protein tersebut berguna untuk membentuk protein dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.    Penyedap Rasa Alami

Kandungan asam amino non-esensial yang cukup dominan di dalam kemiri dapat memberikan rasa nikmat di lidah sehingga dapat digunakan sebagai penyedap rasa alami penganti MSG.

Walaupun minyak biji kemiri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dan digunakan secara berlebihan. (Baca juga: Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D