Manfaat Minum Air Tebu untuk Ibu Hamil

Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat untuk ibu hamil, salah satunya adalah larangan meminum air tebu saat hamil. Mitos tersebut mengatakan bahwa, jika minum air tebu saat hamil akan membuat bayi yang dilahirkan mempunyai banyak bulu. Namun, pernyataan tersebut sangatlah berbeda dengan fakta dari medis. Pasalnya, air tebu merupakan minuman gula yang menyegarkan, dimana kandungan air gula ini justru dianjurkan untuk ibu hamil.
 
Manfaat air tebuAir tebu merupakan sumber minuman yang kaya akan kandungan nutrisinya, karena di dalamnya terdapat sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan fitonutrien lain seperti serat larut, antioksidan, protein dan kandungan mineral. Berkat semua kandungan yang dimiliknya, membuat air tebu mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil.

1.    Energi Instan

Kandungan gula yang terdapat di dalam air tebu dipercaya dapat memberikan energi instan bagi para ibu hamil.

2.    Indeks Glikemik Rendah

Walaupun di dalamnya terdapat kandungan kadar gula yang cukup tinggi, namun minuman ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena berisikan kandungan gula alami dengan indeks glikemik rendah.

3.    Sumber Protein

Kandungan protein di dalamnya sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil sehingga dapat dijadikan sebagai minuman alternatif berprotein tinggi.

4.    Sumber Antioksidan

Air tebu mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang terdiri dari flavonoid dan senyawa fenolik yang dibutuhkan agar terhindar dari peradangan dan alergi.

5.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan merupakan gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi segelas air tebu setiap hari agar sistem pencernaan menjadi lancar.

 Walaupun air tebu mempunyai manfaat bagi kesehatan ibu hamil, tetapi sebelum mengkonsumsinya secara teratur konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena tidak semua ibu hamil mempunyai kondisi tubuh yang sama. (Baca juga: Manfaat Air Tajin Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D