Manfaat Melakukan Olahraga Skipping bagi Kesehatan

Skipping merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat luas karena tidak memerlukan biaya besar dan dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan bantuan tali yang digerakkan sebagai rintangan dari lompatan dan menggunakan kedua tangan sebagai porosnya. Seperti jenis olahraga lainnya, skipping juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

  1.    Menurunkan Berat Badan
Manfaat melakukan olahraga skipping bagi kesehatan
Image Source: pixabay.com

Jika olahraga ini dilakukan selama satu jam berturut-turut, dapat membakar kalori di dalam tubuh hingga 100 kalori sehingga mampu menurunkan berat badan.

2.    Mengencangkan Otot

Apabila dilakukan secara teratur, olahraga ini dapat membuat otot tubuh semakin kencang terutama pada bagian kaki dan tangan.

3.    Mengoptimalkan Energi di Dalam Tubuh

Dengan melakukan olahraga skipping dapat membantu seseorang untuk menambah energi di dalam tubuhnya menjadi lebih optimal.

4.    Membentuk Tubuh

Olahraga skipping yang dilakukan secara teratur dapat membentuk tubuh menjadi kencang dan berotot terutama di bagian betis dan lengan.

5.    Menambah Tinggi Badan

Bertambahnya tinggi badan juga dapat diperoleh setelah melakukan olahraga skipping, khususnya jika di lakukan saat usia remaja dimana masih dalam masa pertumbuhan.

6.    Mencegah Osteoporosis

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

7.    Meningkatkan Kinerja Otak

Kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketepatan waktu untuk melewati rintangan berupa putaran tali berguna untuk membuat otak bekerja lebih tepat sehingga dapat meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan konsentrasi.
 
Tidak diperlukan keahlian khusus untuk melakukan olahraga ini, jika ingin mahir melakukannya cobalah untuk latihan terus-menerus dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. (Baca juga: Manfaat Squat Jump untuk Pembentukan dan Kesehatan Tubuh )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D