Manfaat Kubis untuk Kesehatan Tubuh

Kubis atau yang sering disebut dengan kol merupakan jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassica seperti brokoli, kembang kol dan kecambah Brussels. Sayuran ini banyak ditemukan di Indonesia karena hampir semua masakan nusantara menggunakan sayuran ini salah satunya seperti pecel dan biasa disajikan sebagai lalapan. Sayuran ini mempunyai rasa yang renyah dan khas. Selain itu, sayuran ini juga berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kubis

1.    Merawat Kulit

Kubis mengandung senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Pasalnya radikal bebas juga berpotensi menghadirkan tanda-tanda penuaan dini dan kanker kulit.

2.    Mencegah Sembelit

Kandungan serat tinggi di dalamnya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, menguatkan organ pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit.

3.    Mencegah Penyakit Kanker

Sayuran ini mempunyai beberapa sifat yang efektif untuk melawan dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker seperti sinigrin, sulforaphane, lupeol, diindolylmethane (DIM) dan indol-3-karbinol (I3C).

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalamnya berguna untuk melindungi tubuh dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.    Mengatasi Radang Lambung

Dari hasil studi yang dilakukan di Stanford University School of Medicine, jus kubis dapat mengatasi radang lambung karena adanya kandungan glutamine di dalamnya.
 
Meskipun kubis mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kubis tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi terlalu banyak khususnya bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena keputihan dan memperparah keputihan. (Baca juga: Kandungan dan Manfaat Paprika Hijau untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D