Manfaat Buah Abiu untuk Kesehatan Tubuh

Aibu merupakan buah sejenis sawo segar yang berasal dari negara Australia, buah ini mempunyai rasa yang aneh dan tidak biasa menurut lidah orang Indonesia. Buah ini mempunyai ciri seperti sawo dengan bentuk lonjong hingga membulat, dengan ukuran panjang sekitar 6-12 cm dan beratnya sekitar 150 hingga 500 gram per buahnya.
 
Manfaat buah abiuPohon buah aibu dapat tumbuh subur di dataran rendah dan di dataran tinggi, pohon ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu cepat berbuah karena pada umur 2 tahun 2 bulan tanaman ini cepat berbuah. Daging buahnya mempunyai warna putih bening dengan rasa khas manis dan legit. Karena orang Indonesia menganggap bahwa buah ini mempunyai rasa aneh, mereka menggambarkan bahwa buah ini memiliki rasa seperti kelapa muda dengan paduan susu dengan caramel. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai makanan karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalamnya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan organ-organ pencernaan, mencegah terjadinya masalah organ pencernaan seperti sembelit hingga kanker usus.

2.    Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan dan berguna untuk mencegah terjadinya mata katarak.

3.    Meringankan Batuk, Bronkitis dan Masalah Pernapasan

Kandungan sumber vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin B3 dan vitamin C dapat digunakan untuk meringankan batuk, bronkitis dan gangguan pernapasan lainnya.

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menormalkan produksi sel-sel darah putih di dalam tubuh sehingga berguna untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

5.    Penangkal Radikal Bebas

Kandungan senyawa antioksidan di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat terhindar dari resiko terkena penyakit kanker.

Meskipun buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap dianjurkan agar dikonsumsi dengan kadar yang bijaksana atau tidak berlebihan. (Baca juga: Manfaat Aacai Berry untuk Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D