Manfaat Berkumur dengan Air Garam saat Sakit Gigi

Biasanya sakit gigi disebabkan oleh berbagai faktor seperti enamel gigi yang rapuh, gigi keropos, gigi sensitif, gigi berlubang dan masalah pada gusi. Bila sudah menderita sakit gigi pasti akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman karena rasa sakit yang dirasakan akan menjalar ke seluruh bagian mulut. Bahkan ada beberapa orang yang mengalaminya juga disertai dengan masalah pembengkakan. Selain pergi ke dokter gigi, ada salah satu cara tradisional untuk mengatasinya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam.
 
Manfaat berkumur dengan air garamGaram mempunyai kandungan komponen utama yang terdiri dari natrium dan klorida yang dibutuhkan untuk proses penyerapan nutrisi serta menjaga sistem syaraf dan otot. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan sodium yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan fungsi otot. Tidak berhenti sampai di sini saja, karena garam masih mempunyai kandungan nutrisi lainnya seperti magnesium yang berguna untuk produksi sintesis DNA, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sulfur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan kandungan mineral lainnya yang berguna untuk mendukung proses produksi energi tubuh serta menjaga komponen tulang dan gigi.

Pada jaman dahulu hingga saat ini, berkumur menggunakan air garam masih dianggap sebagai cara yang manjur untuk mengatasi sakit gigi karena ada campuran keduanya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka pada gusi, membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di dalam mulut, membersihkan gigi, dapat mengurangi rasa sakit setelah mencabut gigi, dapat menyembuhkan infeksi pada gigi dan gusi.

Namun, jika ingin berkumur dengan air garam ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Pilihlah jenis garam yang mengandung yodium tinggi, hindarilah penggunaan garam meja karena mempunyai kandungan mineral yang lebih rendah.
  2. Cara pembuatannya cukup dengan mengambil dua sendok garam untuk dicampur dengan segelas air hangat atau dingin (sesuai selera).
  3. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur, waktu berkumur dapat disesuaikan dengan kondisi keluhan.

Meskipun setelah berkumur dengan air garam akan merasakan efek samping seperti perih dan panas serta rasa kaku pada bagian gigi yang sakit. Namun, hal tersebut umum untuk terjadi dan dapat pulih dengan sendirinya sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan. (Baca juga: Jenis Minuman Pengganti Air Putih yang Berkhasiat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D