Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa, saat yang paling ditunggu-tunggu di bulan ramadhan adalah waktu untuk berbuka puasa. Selain itu, waktu berbuka puasa juga sering dijadikan sebagai ajang untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terdekat untuk makan bersama. 
 
Pada saat berbuka puasa banyak sekali makanan lezat yang dihidangkan di meja makan, mulai dari makanan yang manis, bersantan, berkuah hingga yang mempunyai rasa pedas. Namun, ketika tiba saatnya untuk makan bukan berarti harus mengkonsumsi semuanya sekaligus karena memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Makanan yang dihindari saat berbuka

Agar ibadah puasa menjadi lancar dan tubuh tetap sehat, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak bahkan harus dihindari saat berbuka puasa, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Makanan yang Terlalu Pedas

Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas saat berbuka puasa dapat membuat lapisan perut menjadi sensitif. Selain itu, mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga dapat menyebabkan banyak gas, menyebabkan sakit perut bahkan diare.

2.    Makanan yang Digoreng

Mengkonsumsi makanan yang digoreng seperti pisang goreng, bakwan dan lain sebagainya merupakan makanan yang tidak mengandung banyak nutrisi karena cenderung mempunyai banyak kandungan lemak. Makanan tersebut akan sulit diproses oleh organ hati dan akan menghambat saluran pencernaan serta dapat meningkatkan tingkat keasaman di dalam lambung.

Sebelum mengkonsumsi makanan berat saat berbuka puasa, mulailah untuk meminum segelas air putih terlebih dahulu kemudian disusul dengan mengkonsumsi kurma atau buah lainnya yang mempunyai rasa manis. Setelah itu, barulah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang berat. (Baca juga: Tips Memilih Makanan Masa Nifas / Setelah Melahirkan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D