Makanan yang Dapat Membersihkan Noda Putih pada Lidah

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan. Jika dibiarkan kotor, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti noda karang gigi, gigi berlubang, bau mulut, gusi sering berdarah dan noda putih pada lidah. Noda putih pada lidah merupakan masalah yang sering ditemui, timbulnya lapisan putih tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari jamur, obat-obatan, kebiasaan rokok hingga alkohol. Apabila dibiarkan terus-menerus maka akan membuat bakteri akan berkembang biak di dalam mulut sehingga dapat memicu bau mulut. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan beberapa jenis makanan.
 
1.    Garam

Membersihkan noda putih pada lidahGaram merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membersihkan noda putih yang terdapat pada lidah. Caranya cukup menaburkannya di atas lidah, kemudian gosoklah secara perlahan menggunakan sikat gigi, jangan lupa berkumur untuk membersihkannya.

2.    Apel

Mengunyah apel secara teratur berguna untuk meningkatkan kekuatan gusi dan gigi. Selain itu, apel juga berguna untuk mengurangi bau mulut dan dapat membersihkan lidah secara alami.

3.    Strawberry

Selain mempunyai kemampuan untuk memutihkan gigi, buah jenis beri-berian ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda putih pada lidah dengan cara mengunyahnya.

4.    Yogurt

Salah satu jenis makanan yang berguna untuk membunuh jamur penyebab noda putih pada gigi adalah yogurt. Selain itu, mengkonsumsi yogurt secara teratur juga berguna untuk menguatkan gigi.

5.    Lemon

Campurkan air perasan jeruk lemon atau jus lemon dengan baking soda untuk membersihkan lidah dari noda putih. Campuran ini juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

6.    Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini juga  mempunyai kemampuan untuk membersihkan noda putih pada lidah. Caranya cukup campurkan bubuk kunyit dengan jus lemon untuk dioleskan pada permukaan lidah.

Meskipun membersihkan noda putih pada lidah dapat dilakukan oleh ahli yaitu dokter gigi, namun ada alternatif yang lebih mudah dan murah yaitu dengan membersihkannya secara alami. (Baca juga: Makanan Pengganti Obat Tidur untuk Mengatasi Insomnia)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D