Jenis Makanan Sehat untuk Mengatasi Gangguan Tiroid

Terkadang, mempunyai masalah gangguan tiroid dapat menyebabkan metabolisme di dalam tubuh menjadi terhambat dan dapat mempengaruhi berat badan sehingga banyak diperlukan banyak upaya untuk mengatasinya. Salah satu cara sederhana yang berguna untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang meningkatkan tiroid yang secara otomatis dapat meningkatkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
Jenis makanan sehat untuk mengatasi gangguan tiroid
ms.wikipedia.org
 
1.    Makanan yang Mengandung Yodium

Mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan yodium adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan tiroid agar tetap sehat. Pasalnya, yodium dapat membantu kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroksin dan dapat meningkatkan fungsi tiroid. Makanan yang mempunyai banyak kandungan tiroid adalah rumput laut, nanas, ikan, minyak ikan, bawang, dan garam beryodium.

2.    Makanan yang Mengandung Selenium

Gangguan pada kelenjar tiroid juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan selenium. Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang diperlukan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Beberapa contoh makanan yang kaya kandungan selenium adalah telur, kerang, jamur, bawang putih dan minyak wijen.

3.    Makanan yang Mengandung Tembaga dan Zat Besi

Tembaga dan zat besi dikenal sebagai zat yang berguna untuk meningkatkan fungsi tiroid yang banyak ditemukan di dalam tiram, kerang, kacang-kacangan, unggas, sayuran hijau dan daging merah.

4.    Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 dapat membantu kelenjar tiroid untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh. jenis makanan yang kaya akan kandungan asam lemak esensial yaitu labu, ikan, kerang dan sayuran yang berdaun.

Jika mengalami gangguan kelenjar tiroid, segeralah mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut karena berguna untuk mengurangi dan mengatasi masalah gangguan kelenjar tiroid. (Baca juga: Makanan yang Banyak Mengandung Lemak Trans)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D