Gejala Awal saat Tubuh Mulai Mengalami Meriang

Meriang merupakan kondisi dimana antibiotik di dalam tubuh berada dalam keadaan lemah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kehujanan sehingga membuat tubuh rentan terkena meriang. Adapun cara mengatasinya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tentang gejala yang dialami karena meskipun termasuk dalam penyakit ringan, tetapi penyakit ini tidak boleh disepelehkan.

Gejala awal saat tubuh mulai mengalami meriang
Image Source: en.wikipedia.com
1.    Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang disertai keluhan sulit menelan merupakan gejala umum yang dialami ketika tubuh mengalami meriang. Pada umumnya, gejala ini akan berlangsung sekitar 3 – 4 hari.

2.    Pilek

Pilek atau hidung meler juga dapat dijadikan sebagai salah satu tanda awal bahwa seseorang sedang mengalami meriang. Biasanya kondisi ini akan berlangsung selama dua atau tiga hari.

3.    Hidung Tersumbat

Penyumbatan pada saluran hidung disebabkan karena pembuluh darah yang meradang, kondisi ini merupakan salah satu gejala awal yang dirasakan saat mulai meriang.

4.    Batuk

Biasanya batuk meriang akan mereda dengan sendirinya, namun harus tetap diobati dengan mengkonsumsi antibiotik.

5.    Bersin

Gejala seseorang yang sedang meriang adalah sering bersin yang disertai dengan batuk, iritasi tenggorokan dan pilek.

6.    Sakit Kepala

Pada fase awal meriang, kemungkinan seseorang akan mengalami sedikit sakit kepala yang merupakan tanda ketika sistem kekebalan tubuh menurun.

Meskipun penyakit ringan, namun meriang dapat memberikan rasa yang tidak nyaman bahkan dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Untuk pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur dan tidur dengan cukup. (Baca juga: Gejala dan Pencegahan Virus MERS)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D