Cara Mudah Mengajari Anak untuk Sikat Gigi

Memberikan pengajaran kepada anak supaya selalu menjaga pola hidup sehat, penting untuk dilakukan bagi setiap orang tua. Salah satunya, dengan membiasakan anak untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan mendidiknya agar rajin menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi. Akan tetapi, mengajari anak untuk menyikat gigi tidak mudah seperti yang sudah dibayangkan karena tidak semua anak dapat diajak untuk menuruti kemauan orang tuanya. Oleh karena, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengajari anak menyikat gigi.
Mengajari anak sikat gigi

1.    Mencari Tahu Mengapa Anak Menolak untuk Menyikat Gigi

Sebaiknya cari tahu penyebab anak menolak untuk menyikat giginya agar dapat mudah diatasi sebelum mereka mengalami masalah pada giginya seperti sakit gigi dan gigi berlubang.

2.    Berusaha Ceria ketika Mengajaknya

Biasakan untuk mengajarkan anak tata cara disiplin dan arahkan dengan baik dengan tidak marah-marah serta tunjukkan aura positif agar mereka mau menuruti kemauan orang tuanya untuk menyikat gigi.

3.    Berikan Contoh Cara Menyikat Gigi dengan Benar

Salah satu metode untuk mendidik anak dengan benar yaitu dengan memberikan contoh terlebih dahulu, seperti memberikan contoh untuk menyikat gigi dengan benar.

4.    Ajarkan dengan Kata-kata Mendidik

Sebaiknya, jangan memberikan kalimat yang tidak efektif kepada anak seperti mengancamnya. Berikanlah alasan yang rasional mengapa menyikat gigi sangatlah penting.

5.    Cara Mengajari Anak Berusia Di Bawah 2 Tahun

Anak berusia di bawah 2 tahun, tidak perlu dibiasakan menggunakan pasta gigi karena terbuat bahan kimia yang menimbulkan efek samping bila tidak sengaja tertelan. Untuk anak di bawah 2 tahun, cukup gunakan sikat gigi dan air hangat 2 kali sehari di pagi dan di malam hari sebelum tidur.Mengajari anak untuk menyikat giginya bukanlah perkara mudah, oleh karena itu ajarilah dengan penuh kesabaran.  (Baca juga: Peran Ayah dalam Perkembangan Anak)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D