Cara Mengatasi Penyakit Hepatitis Secara Alami

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit ini terbagi oleh berbagai jenis yang umum seperti hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C dan lain sebagainya. Dalam kondisi kronis penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh bahkan dapat mengancam nyawa penderitanya karena dapat berkembang dengan cepat. Selain dengan cara medis, penyakit ini juga dapat digunakan dengan cara alami yaitu dengan menggunakan obat-obatan tradisional.

Mengatasi penyakit hepatitis

1.    Ginseng

Ada dua jenis ginseng yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis secara alami, yaitu ginseng Amerika atau Panax quinquefolius dan ginseng Asia atau Panax ginseng yang banyak ditemukan di Korea, Jepang dan Cina. Dari sebuah penelitian yang telah dilakukan di California, kedua ginseng tersebut telah diuji dengan digunakan pada hewan. Hasilnya membuktikan bahwa keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kinerja hati dan dapat mengurangi kerusakan hati yang disebabkan oleh hepatitis.

2.    Kunyit

Kunyit merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan pewarna alami. Selain itu, sejak jaman dahulu tanaman herbal ini juga telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit hati. Kandungan kurkumin di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang dapat menghambat terjadinya kerusakan hati dan mengurangi kandungan racun berlebih di dalam hati.

3.    Kulit Manggis

Kulit manggis mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang bersifat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit hepatitis. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Tokyo pada tahun 2003, membuktikan bahwa kandungan antioksidan xanthone di dalamnya mempunyai sifat anti-bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, kuman, dan virus.

Meskipun ada cara alami untuk mengobati penyakit hepatitis, namun hal ini juga tetap harus disertai dengan dilakukan pengobatan medis guna mengetahui perkembangan kondisi tubuh dan kesehatan yang ada. (Baca juga: Tanaman Obat untuk Jenis-jenis Penyakit Diabetes)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D