Cara Mengatasi Meriang Secara Alami

Meriang atau yang lebih sering disebut dengan kedinginan merupakan masalah yang terjadi akibat antibiotik di dalam tubuh mengalami kelemahan. Biasanya masalah ini ditandai dengan tenggorokan yang terasa sakit, bersin, pilek, batuk, hidung tersumbat dan sakit kepala. Untuk memulihkan kondisi tubuh dari meriang dapat dilakukan dengan cara alami.

Mengatasi meriang

1.    Mencukupi Asupan Zinc / Seng

Zinc atau seng merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan agar kinerja tubuh berjalan secara teratur dan sempurna. Selain itu, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zinc juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah meriang. Beberapa makanan yang mengandung banyak zinc, diantaranya adalah tiram, kepiting, udang yang direbus atau dikukus, jamur dan bayam.

2.    Beristirahat

Ketika merasakan gejala meriang, cobalah untuk sesegara mungkin untuk mengubah jadwal sehari-hari dengan beristirahat dengan cukup di tempat tidur.

3.    Minum Air putih dan Teh hangat

Memperbanyak konsumsi air putih juga berguna untuk mengatasi meriang. Selain itu, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman lain seperti teh hangat atau teh panas tanpa gula dan pilihan jenis teh lainnya seperti teh jahe. Sebaiknya hindari minuman yang terlalu manis dan minuman bersoda.

4.    Berkumur dengan Air Garam

Larutan garam dapat menarik kelebihan cairan yang berasal dari jaringan yang meradang di tenggorokan sehingga dapat meredakan salah satu gejala meriang yaitu sakit tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan air garam juga berguna untuk mengencerkan lendir yang kental, menghilangkan iritasi dan mengatasi flu dan batuk.

Jika mengalami meriang dan masih bisa melakukan aktivitas, sebaiknya lakukan olahraga atau latihan ringan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Baca juga: Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Kulit)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D