Cara Mencegah Terjadinya Stroke pada Mata

Penyakit stroke tidak hanya menyerang orang dewasa saja karena semua orang dari berbagai usia rentan terkena serangan penyakit ini. Selain itu, penyakit stroke juga tidak hanya menyerang orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.  Meskipun dapat menyerang sistem syaraf, penyakit ini juga dapat menyerang organ indera yaitu mata.

Sebelum dilakukan pencegahan stroke pada bagian mata, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, yaitu akibat terjadinya penyumbatan arteri yang membawa darah dari jantung ke mata yang disebut dengan penyumbatan arteri retina. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penyumbatan vena yang membawa darah dari mata ke jantung.

Mencegah stroke mata

Penderita stroke mata biasanya akan mengalami keluhan seperti pandangannya menjadi tiba-tiba gelap dan penglihatan yang menurun secara perlahan dalam jangka waktu berbulan-bulan. Gejala tersebut sering tidak disadari apalagi tidak disertai dengan perubahan tampilan mata. Namun, jika hal ini sudah berada dalam tahap yang kronis maka akan membuat mata menjadi merah dan terasa nyeri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit stroke mata.

1.    Menjaga Tekanan Darah

Kestabilan tekanan darah berguna untuk menjamin kesehatan pada seluruh syaraf dan organ tubuh. Oleh karena itu, rajinlah untuk mengontrol tekanan darah dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu kenaikan tekanan darah.

2.    Rajin Berolahraga

Melakukan olahraga secara teratur tidak harus dilakukan dengan melakukan latihan yang berat karena dapat dilakukan dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

3.    Mengontrol Berat Badan

Mempunyai berat badan yang ideal dapat memberikan ketahanan tubuh yang baik, sehingga menjaga berat badan bukan hanya untuk memperindah penampilan saja tetapi juga berguna bagi kesehatan tubuh.

Selalu menjalankan pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, tidak mempunyai kebiasaan merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang serta beristirahat dengan cukup merupakan cara ampuh untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit termasuk stroke mata. (Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D