Cara Mencegah Terjadinya Kram pada Kaki

Kram kaki merupakan gangguan pada otot yang terjadi karena kadar natrium di dalam darah terlalu rendah. Kram yang terjadi juga disebabkan oleh kejang otot ketika otot berkontraksi atau menyusut. Kemudian, penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena mengalami penyakit diabetes dan tiroid. Meskipun tidak tergolong dalam penyakit yang berbahaya namun rasa sakit yang dirasakan sangat terasa intens dan datang secara tiba-tiba, kemudian rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya.


Cara mencegah terjadinya kram kaki
id.wikipedia.org
Untuk melakukan pencegahan terjadinya kram kaki dapat dilakukan dengan melakukan peregangan sebelum tidur yang berguna untuk mengalirkan aliran darah ke otot-otot dan menghentikan peregangan pemicu terjadinya kram. Selain itu, mandi air hangat di sore hari atau sebelum tidur juga dapat merilekskan otot-otot tubuh yang tegang. Namun, jika sudah terlanjur mengalami kram kaki sebaiknya sangalah kaki dengan menggunakan batal dengan berbaring. Lakukan pemijatan ringan selama beberapa menit untuk membantu melancarkan aliran darah untuk meredakan rasa sakitnya.

Biasanya kram terjadi akibat ketidakseimbangan elektrolit, magnesium, kalium, kalsium dan vitamin E di dalam tubuh, sehingga untuk pencegahannya juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung nutrisi tersebut seperti kacang-kacangan, buah pisang, sayuran hijau, alpukat, ubi jalar, jeruk, ikan sarden, susu dan lain sebagainya.

Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat, untuk pencegahannya juga harus disertai dengan melakukan olahraga ringan secara teratur seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki. Luangkanlah waktu agar tubuh dapat bergerak dengan berjalan untuk merenggangkan otot. (Baca juga: Manfaat Refleksi Kaki untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D