Cara Cepat untuk Mengatasi Leher Kaku

Leher kaku atau salah bantal merupakan salah satu masalah yang terjadi pada saat tubuh mulai kelelahan, hal ini terjadi karena otot-otot di bagian leher mengalami ketegangan sehingga menyebabkan leher menjadi kaku, berasa nyeri, dan tidak dapat menolehkan kepala secara maksimal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini seperti kesalahan posisi tidur, posisi duduk yang salah, kelelahan dan lain sebagainya. Adapun cara mengatasinya dapat dilakukan di rumah dengan mudah dan cepat.

Mengatasi leher kaku

1.    Mengoleskan Balsam

Untuk meredakan rasa nyeri saat leher terasa kaku dapat dilakukan dengan mengoleskan atau membalurkan balsam pada bagian leher yang terasa sakit. Sifat balsam yang hangat dapat mengundurkan otot dan urat yang kaku.

2.    Mengompres

Selain menggunakan balsam, mengatasi leher kaku juga dapat dilakukan dengan mengompresnya menggunakan air panas dan dingin secara bergantian agar otot-otot menjadi lebih rileks.

3.    Mengatur Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah merupakan salah satu penyebab leher kaku, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan tidak membungkukkan badan ketika tidur dan sebaiknya jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

4.    Mengatur Posisi Duduk

Ketika mengalami kekakuan leher sebaiknya atur posisi duduk dengan benar, yaitu tetap lurus namun tetap dalam keadaan rileks. Selain dapat mengatasi leher kaku, posisi duduk yang benar juga berguna untuk mencegah terjadinya kelainan tulang belakang.

5.    Gerakan Olahraga

Jika leher terasa kaku dan nyeri, sebaiknya lakukan beberapa gerakan olahraga pada bagian leher dengan menggerakannya ke kanan, ke kiri, ke atas dan ke bawah hingga gerakan memutar leher. Hal ini berguna untuk melemaskan otot dan urat pada bagian leher.

Jika ingin melakukan pemijatan saat mengalami leher kaku, sebaiknya pilihlah tenaga pijat urat yang sudah berpengalaman dan jangan mencoba-coba untuk melakukannya sendiri. (Baca juga: Macam-macam cedera pada Otot dan Cara Menyembuhkannya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D