Cara Ampuh untuk Mencegah Virus Ebola

Ebola merupakan nama virus yang berasal dari negara Afrika, dimana cara penyebarannya terjadi sangat cepat dan marak ke seluruh penjuru dunia. Jika sudah terjangkit, maka kondisi penderitanya menjadi berbahaya karena kemungkinan besar ia sudah tidak mempunyai harapan hidup lagi. Agar terhindar dari hal ini, sebaiknya segeralah melakukan pencegahan sejak dini dengan selalu menjaga kebersihan dan menjalankan pola hidup sehat.

Mencegah virus ebola

1.    Menggunakan Cairan Pembersih

Rajinlah mencuci tangan dalam keadaan apapun, baik sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu. Rajinlah mencuci tangan dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung antiseptic, sebaiknya gunakan pemakaian sabun batang secara bergantian.

2.    Menutupi Luka

Apabila mempunyai luka, jagalah luka tersebut agar tetap tertutup dan aman karena virus Ebola mudah sekali menulari bagian tubuh yang terluka. Selain itu, rajinlah untuk mengganti perban luka secara berkala.

3.    Jangan Mengkonsumsi Daging Kualitas Buruk

Sebaiknya, jangan mengkonsumsi daging dengan kualitas buruk karena berpotensi besar membawa virus berbahaya ini.

4.    Berhati-hati Ketika Mengkonsumsi Daging Sapi

Penyebaran virus ini berasal dari negara Afrika yang mayoritas penduduknya banyak berternak  babi sehingga harus berhati-hati ketika mengkonsumsinya.

5.    Selalu Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Ketika berada di sekitar penderita pasien virus Ebola gunakan masker dan sarung tangan agar tidak tertular.

6.    Hindari Perjalanan ke Negara yang Terserang Virus

Jika hendak pergi ke luar negeri, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu karena bisa saja virus ini sudah menyebar luas ke negara tujuan.

7.    Jangan Menyentuh Sarana Umum

Jika ingin terhindar dari virus ini, sebaiknya jangan menyentuh sarana umum seperti pintu, lift atau alat-alat bermain di taman karena bisa saja sarana-sarana tersebut menjadi berkumpulnya virus-virus berbahaya seperti Ebola.


Mencegah lebih baik daripada mengobati, beberapa cara ini juga harus tetap diimbangi dengan menjalankan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. (Baca juga: Gejala dan Pencegahan Virus MERS)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D